Ahad 23 Jun 2024 22:05 WIB

Riset: 86 Persen Pekerja Profesional Bidang Jasa di Indonesia Gunakan AI 

Untuk meningkatkan layanan pelanggan banyak organisasi yang telah beralih ke AI.

Rep: Dian Fath Risalah/ Red: Andri Saubani
Robot Artificial Inteligence.
Foto: Huffingtonpost
Robot Artificial Inteligence.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Salesforce, AI CRM nomor 1, merilis laporan State of Service terbarunya, yang membahas pendapat dari 5.500 lebih profesional bidang jasa di 30 negara, termasuk di Indonesia. Laporan ini mencakup prioritas, tantangan, dan strategi dalam membentuk layanan pelanggan, termasuk bagaimana tim layanan pelanggan memanfaatkan AI dan data untuk meningkatkan pendapatan, efisiensi, dan kepuasan pelanggan di tengah meningkatnya ekspektasi pelanggan.

Berdasarkan hasil riset untuk meningkatkan layanan pelanggan tanpa mengorbankan kualitas, banyak organisasi yang beralih ke AI. Sebanyak 86 persen profesional bidang jasa di Indonesia menggunakan AI atau mengevaluasi manfaat AI dan 80 persen profesional bidang jasa di Indonesia berencana meningkatkan investasi AI pada tahun ini

Baca Juga

Adapun tiga fungsi utama penggunaan AI dalam layanan di Indonesia adalah untuk merespons layanan pelanggan, asisten cerdas yang menangani pelanggan, serta ringkasan dan laporan kerja secara otomatis. 

"Sebanyak 96 persen profesional bidang jasa di Indonesia yang menggunakan AI mengatakan bahwa AI membantu menghemat waktu mereka," kata Chief Technology Officer & Vice President of Solutions, Salesforce ASEAN Gavin Barfield, Ahad (23/6/2024).