Senin 24 Jun 2024 07:31 WIB

Sebagian Wilayah Indonesia Diprediksi Hujan, Bagaimana dengan Jakarta?

Hujan berpotensi mengguyur sejumlah wilayah di Indonesia

Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi hujan. Hujan berpotensi mengguyur sejumlah wilayah di Indonesia
Foto: www.freepik.com
Ilustrasi hujan. Hujan berpotensi mengguyur sejumlah wilayah di Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa pada Senin (24/6/2024) , sebagian besar wilayah Indonesia berisiko hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, seperti Bangka Belitung, Banten, Gorontalo, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur.

Peringatan yang sama juga diberikan pada Kalimantan Utara, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatra Selatan.

Baca Juga

Adapun Sulawesi Barat diperkirakan hujan lebat, dan Aceh serta Nusa Tenggara Timur diperkirakan angin kencang.

Pada pagi hari, sebagian besar kota diperkirakan cerah atau cerah berawan, namun sejumlah kota seperti Samarinda dan Tarakan diperkirakan hujan ringan.

Surabaya, Pekanbaru, Kupang, dan Padang diperkirakan cerah berawan sepanjang hari.

Sementara itu, Yogyakarta dan Palangkaraya diperkirakan berawan sepanjang hari.

Siang hari, diperkirakan sejumlah kota masih mengalami hujan ringan, yaitu Jambi, Pangkalpinang, Tanjung Pinang, Ambon, Jayapura, Manokwari, Mamuju, dan Manado.

Di waktu yang sama, Medan, Palembang, Kendari, Ternate, diperkirakan hujan sedang, dan Banjarmasin diperkirakan hujan petir.

Hujan petir juga diperkirakan turun di Manokwari pada malam hari, dan di Samarinda serta Tarakan pada dini hari.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan seluruh wilayah administrasi Jakarta termasuk Kepulauan Seribu berawan pada Senin (24/6/2024) pagi dan malam nanti.

Pada pagi ini, Jakarta Barat diprediksi berawan tebal sementara wilayah Jakarta lainnya berawan, demikian menurut BMKG melalui laman resminya, Senin.

Lalu, pada siang hari sebagian besar kawasan Jakarta cerah berawan seperti Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu. Sementara Jakarta Selatan dan Jakarta Barat berawan.

Pada malam hari, seluruh wilayah Jakarta diprediksi berawan dan kemungkinan bertahan hingga dini hari, kecuali Kepulauan Seribu yang kemungkinan diguyur hujan dengan intensitas ringan.

Suhu rata-rata hari ini di Jakarta berkisar antara 24 - 32 derajat Celcius dengan kelembapan udara antara 60 - 85 persen.

Sebelumnya, BMKG berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk memodifikasi cuaca Jakarta.

Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan sesuai arahan Pj Gubernur, tim melakukan teknologi modifikasi cuaca (TMC) di Jakarta, seiring dengan kondisi udara Jakarta yang sedang memburuk beberapa waktu terakhir.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement