Senin 24 Jun 2024 14:23 WIB

Sebanyak 115 UMK Pamerkan Produk Unggulan di Bazar Herb Euphoria Fest

Bazar digelar untuk memperkuat ekosistem UMKM di Indonesia

Red: Nashih Nashrullah
Bazar Herb Euphoria Fest digelar untuk memperkuat ekosistem UMKM di Indonesia
Foto: Dok Istimewa
Bazar Herb Euphoria Fest digelar untuk memperkuat ekosistem UMKM di Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Sebanyak 115 UMK binaan dari lima BUMN berpartisipasi di Bazar Herb Euphoria Fest. Event ini bertujuan untuk mendukung dan mempromosikan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMK) di Indonesia.

Kelima BUMN tersebut yaitu PT Pelabuhan Indonesia (Persero) bersama Bank Mandiri, Adhi Karya, Permodalan Nasional Madani, dan Perum Perhutani.

Baca Juga

"Dalam upaya mendukung UMK, kami menyadari pentingnya kolaborasi antara BUMN dan berbagai pihak. Bazar ini adalah bentuk komitmen kami mendorong gaya hidup sehat serta memperkuat ekosistem UMKM di Indonesia," ujar Direktur Sumberdaya Manusia dan Umum PT Pelindo, Ihsanuddin Usman, Senin (24/6/2024) dalam keterangannya.

Dia mengatakan, mereka menampilkan produk-produk unggulan dengan konsep herbal dan alami, seperti makanan dan minuman, fashion dan kerajinan tangan ramah lingkungan, perawatan kesehatan dan kecantikan, serta bumbu dan rempah-rempah.

Bazar Herb Euphoria Fest diselenggarakan di Jakarta pada 20-23 Juni 2024 (Ground Floor Sarinah), dan di Bali pada 27-30 Juni 2024, di Living World Denpasar.

"Pelindo sendiri memfasilitasi 43 UMK binaan. Kami berharap, dengan berpartisipasi di Bazar Herb Euphoria Fest, mereka dapat memperluas akses pasar," tambah Ihsanuddin.

Selain pameran, Bazar Herb Euphoria Fest menawarkan berbagai kegiatan menarik seperti workshop Racik Jamu Khas Nusantara, game interaktif, konsultasi bisnis, dan pertunjukan musik dari artis-artis terkenal.

Selama tiga hari pameran, volume transaksi mencapai Rp. 145 juta, dengan jumlah pemesanan (PO) sebanyak 1.218 PO. Volume tertinggi diraih UMK Batik Kebon Indah.

Frekuensi transaksi terbanyak ditoreh Kelompok Tani Jeruk Lemon Gumelar Sejahtera. Kedua UMK tersebut merupakan binaan Adhi Karya. Sementara itu, UMK Kuntoem binaan Pelindo didapuk sebagai UMK Favorit.

"Bazar ini menegaskan peran konkret BUMN dalam upaya mendorong UMK naik kelas dan mempromosikan gaya hidup sehat. Melalui acara ini, UMK semakin dikenal masyarakat luas dan mampu bersaing di pasar yang lebih besar,” kata Ihsanuddin.

Sementara itu, Department Head Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pelindo, Febrianto Zenny dalam sesi Penutupan Bazaar Ahad, 23 Juni 2024 menjelaskan, upaya peningkatan ekonomi melalui penguatan UMK menjadi fokus utama manajemen Pelindo, yang diimplementasikan melalui program TJSL.

Dia menjelaskan UMK merupakan salah satu pilar utama dalam memperkuat fondasi ekonomi. Oleh karena itu, Pelindo dan berbagai pihak terkait bekerja sama memberikan dukungan dan fasilitas yang diperlukan dalam pembinaan, pemasaran, dan pengembangan UMK baik melalui pelatihan, pameran maupun display pemasaran di Local Pride Spot.

Sejak 2021, implementasi pelaksanaan program TJSL Pelindo difokuskan pada tiga bidang prioritas yaitu Pendidikan, Lingkungan dan Pengembangan UMK.

Terkhusus Pengembangan UMK Pelindo telah membuat Program khusus untuk mendorong UMK Ekspor melalui Program Gedor Ekspor.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement