Selasa 25 Jun 2024 04:50 WIB

Gol Telat Zaccagni Antarkan Italia ke 16 Besar Euro 2024, Pulangkan Kroasia Lebih Cepat

Mattia Zaccagni menjebol gawang Kroasia menit ke-90+5 untuk membuat skor imbang 1-1.

Red: Israr Itah
Pemain Italia merayakan gol yang dicetak Mattia Zaccagni ke gawang Kroasia dalam pertandingan Grup B Euro 2024 di Leipzig, Jerman, Selasa (25/6/2024) dini hari WIB.
Foto: AP Photo/Petr David Josek
Pemain Italia merayakan gol yang dicetak Mattia Zaccagni ke gawang Kroasia dalam pertandingan Grup B Euro 2024 di Leipzig, Jerman, Selasa (25/6/2024) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, LEIPZIG -- Sebuah gol injury time dari Mattia Zaccagni membawa Italia meraih hasil imbang 1-1 melawan Kroasia pada laga terakhir Grup B di Red Bull Arena, Leipzig, Selasa (25/6/2024) dini hari WIB. Gol ini memastikan Italia ke 16 besar sebagai runner-up Grup B, sekaligus memulangkan Kroasia yang di ambang lolos ke 16 besar, tapi kemudian tersisih.

Setelah babak pertama tanpa gol, kapten Kroasia Luka Modric gagal memaksimalkan tendangan penalti pada menit ke-54. Namun kurang dari satu menit kemudian, ia berhasil mencetak gol setelah Gianluigi Donnarumma melakukan sebuah penyelamatan gemilang dari percobaan Ante Budimir.

Baca Juga

Gol tersebut membuat sang juara bertahan Italia di ambang terdepak dari Euro 2024. Azzurri terus menekan untuk mencetak gol penyeimbang yang dapat membawa mereka lolos.

Saat waktu hampir habis, Zaccagni melepaskan tendangan melengkung dari jarak jauh. Bola menjebol gawang Kroasia dan sekaligus memulangkan Modric dkk lebih cepat.

Spanyol memuncaki grup dengan sembilan poin setelah mengalahkan Albania 1-0 pada laga terakhir lewat gol Ferran Torres. Italia berada di posisi kedua dengan empat poin dan Kroasia berada di posisi ketiga dengan dua poin.

Kroasia tak mungkin menjadi salah satu dari tiga runner up terbaik karena tim peringkat ketiga grup lain sudah mengoleksi nilai tiga meskipun belum memainkan laga terakhir. Hasil ini meneruskan tren buruk Kroasia setiap berlaga di Piala Eropa. Peringkat tiga Piala Dunia 2022 ini hanya bisa sampai babak 16 besar pada dua penyelenggaraan sebelumnya dan juga terhenti di fase grup pada Euro 2012.

Hasil ini membuat Inggris, Prancis, dan Belanda sekarang dijamin untuk finis setidaknya di antara empat tim peringkat ketiga terbaik. Sebab di Grup A, Hungaria finis di posisi tiga dengan nilai tiga.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement