Selasa 25 Jun 2024 11:19 WIB

Pejuang Palestina Ledakkan Tank Israel dengan 'Panah Merah'

Operasi tersebut menandai momen penting dalam konfrontasi kelompok perlawanan.

Red: A.Syalaby Ichsan
Tank Israel (Ilustrasi)
Foto: EPA-EFE/ABIR SULTAN
Tank Israel (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Brigade Izzuddin al-Qassam merilis rekaman operasi penting  di Rafah pada Ahad (23/6/2024). Dalam rekaman yang dirilis, pasukan anti-lapis baja menyerang dan menghancurkan sebuah kendaraan lapis baja pengangkut personel (APC) milik militer Israel.

Operasi tersebut menandai momen penting dalam konfrontasi kelompok perlawanan dengan invasi Israel ke Rafah. Serangan tersebut merupakan serangan pertama mereka dengan menggunakan peluru kendali anti-tank (ATGM) di wilayah padat itu.

Baca Juga

Pejuang Al-Qassam memantau pasukan pendudukan Israel (IOF) yang ditempatkan di perbatasan Palestina-Mesir pada Ahad, sebelum menembakkan rudal dan menghancurkan sebuah pengangkut personel lapis baja.

photo
Pejuang Brigade Al-Qassam

Rekaman tersebut mengungkapkan bahwa para pejuang al-Qassam memanfaatkan apa yang Unit Media Militernya sebut sebagai "Panah Merah", yang merupakan varian dari ATGM HJ-8 yang dikembangkan Tiongkok. Seperti yang terlihat dalam serangan tersebut, para pejuang al-Qassam telah memantau posisi pasukan lapis baja Israel, termasuk Ofek APC, yang biasanya digunakan untuk tujuan komando dan kendali.