Selasa 25 Jun 2024 18:54 WIB

Doa Minta Diberikan Segala Kebaikan Ini Diajarkan Rasulullah SAW untuk Aisyah

Doa memiliki banyak keutamaan bagi yang membacanya

Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi berdoa. Doa memiliki banyak keutamaan bagi yang membacanya
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Ilustrasi berdoa. Doa memiliki banyak keutamaan bagi yang membacanya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Rasulullah SAW adalah sebaik-baik kepala keluarga dan rumah tangga. Dalam berbagai kesempatan Rasulullah SAW mengajarkan Islam dan amalannya untuk kehidupan sehari-hari, termasuk doa.

Di antaranya juga adalah doa yang diajarkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha. Doa tersebut secara umum adalah tentang permintaan kebaikan di dunia dan akhirat.

Baca Juga

Doa tersebut, meski dengan sedikit perbedaan redaksi, dalam riwayat yang disebutkan Imam al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin disebut Rasulullah SAW dengan istilah jawami’ al-kawamil (kumpulan dari segala kesempurnaan).

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنَ الْخَيْرِ كُلِّهِ عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ، مَا عَلِمْتُ مِنْهُ وَمَا لَمْ أَعْلَمْ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الشَّرِّ كُلِّهِ عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ، مَا عَلِمْتُ مِنْهُ وَمَا لَمْ أَعْلَمْ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِ مَا سَأَلَكَ عَبْدُكَ وَنَبِيُّكَ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا عَاذَ بِهِ عَبْدُكَ وَنَبِيُّكَ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ وَمَا قَرَّبَ إِلَيْهَا مِنْ قَوْلٍ أَوْ عَمَلٍ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ النَّارِ وَمَا قَرَّبَ إِلَيْهَا مِنْ قَوْلٍ أَوْ عَمَلٍ، وَأَسْأَلُكَ أَنْ تَجْعَلَ كُلَّ قَضَاءٍ قَضَيْتَهُ لِي خَيْرًا