Selasa 25 Jun 2024 21:08 WIB

Rep: Agung/ Red: Agung Sasongko

Tur Budaya Khas Guangdong di Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tur Budaya ‘Charming China (Guangdong) digelar di Jakarta. Salah satu highlight acara ini adalah Pameran Fotografi "Charming Guangdong" yang menampilkan koleksi foto yang mengabadikan keindahan dan kekayaan budaya Guangdong.

Pameran ini terdiri dari lima puluh karya yang diselesaikan oleh jurnalis foto dan fotografer dari Nanfang Media Group dan Asosiasi Fotografer Guangdong. Pameran ini dibagi menjadi tiga bagian: "Integrasi Pegunungan, Kota, Sungai, dan Laut: Hidup Berdampingan yang Harmonis", "Hubungan Ekonomi dan Perdagangan Global: Inovasi dan Kewirausahaan", dan "Esensi Budaya Lingnan: Sebuah Keindahan" dan Tanah yang Makmur”. 

Pengunjung diperlihatkan adat istiadat budaya dari berbagai wilayah di Provinsi Guangdong, termasuk pemandangan perkotaan Guangzhou yang ramai, pemandangan kota modern Shenzhen, dan landmark sejarah dan budaya Shantou, Jiangmen, Meizhou, dan banyak lagi.

Pameran ini juga menampilkan "ikon Guangdong" yang terkenal seperti opera Kanton, barongsai, balap perahu naga, dan Wing Chun. Selain itu, acara ini menampilkan pencapaian Guangdong di era baru, mendokumentasikan perkembangan pesat di bidang ekonomi, teknologi, dan budaya melalui tema-tema seperti Hong Kong-Zhuhai-jembatan Makau. 

Pameran ini memberikan perhatian khusus pada budaya dan ekologi Guangdong, menampilkan detail kehidupan dan pesona alam. Hal ini dengan jelas mencerminkan Guangdong yang hijau dan indah di bawah pembangunan berkualitas tinggi dan kehidupan bahagia masyarakatnya.

Pameran juga menampilkan esensi kesenian rakyat dari wilayah Kanton, Hakka, dan Chaoshan melalui pameran dan pertukaran interaktif. Karya-karya yang dipamerkan merupakan warisan buatan tangan para ahli seni rakyat dan cerminan gaya hidup masyarakat di wilayah Lingnan.