Rabu 26 Jun 2024 09:00 WIB

Uni Eropa Berambisi Perbanyak Industri Hijau

Komitmen memperbayak industri hijau akan disampaikan dalam pertemuan pada pekan ini.

Rep: Lintar Satria/ Red: Satria K Yudha
Industri hijau (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Industri hijau (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BRUSSELS -- Uni Eropa bertekad memperbanyak industri hijau dengan meningkatkan investasi yang lebih besar pada teknologi manufaktur hijau. Komitmen ini akan disampaikan dalam rancangan pernyataan yang bakal disampaikan dalam pertemuan Uni Eropa pada Kamis (27/6/2024).

Uni Eropa tak ingin semakin ketinggalan dengan Cina dan Amerika Serikat yang saat ini terus bersaing memproduksi mobil listrik dan turbin. Dalam pertemuan nanti, para pemimpin Eropa berencana memutuskan siapa yang akan menjadi Sekretaris Jenderal Uni Eropa berikutnya untuk lima tahun ke depan dan pendoman-pedoman kebijakan.

Baca Juga

Rancangan pedoman itu mencerminkan semakin kuatnya harapan para pembuat kebijakan untuk mendukung industri Eropa memproduksi teknologi-teknologi yang dibutuhkan untuk mencapai ambisi iklim.

"Kami akan menciptakan lingkungan yang lebih suportif untuk meningkatkan kapasitas manufaktur Eropa pada teknologi-teknologi dan produk-produk nol-emisi," kata pemimpin Eropa dalam rancangan pernyataan tersebut, seperti yang dilihat kantor berita Reuters, Selasa (25/6/2024).