Rabu 26 Jun 2024 12:35 WIB

Fadil Imran Diharapkan Perkuat Pemberdayaan Klub Badminton

Menurut Yacob, mengelola klub badminton membutuhkan biaya yang besar.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Logo PBSI.
Logo PBSI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dukungan terhadap M Fadil Imran untuk menjadi Ketua Umum Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) semakin menguat. Hingga Selasa (25/6/2024), disebuy sudah ada dukungan dari 29 pengurus PBSI daerah yang memiliki suara dalam Musyawarah Nasional (Munas) PBSI yang berlangsung 9-11 Agustus mendatang di Surabaya, Jawa Timur. Dukungan juga mengalir dari mantan atlet dan pemilik klub badminton.

Seperti yang diungkapkan pemilik dan Ketua Umum Klub Suryanaga Surabaya, Yacob Rusdianto. Yacob mengatakan kiprah Fadil Imran sebagai Sekjen PBSI periode 2020-2024 sudah sangat terasa baginya.

Baca Juga

"Kehidupan klub yang pasang surut sudah mulai membaik. Di Jawa Timur saja sudah banyak kegiatan yang melibatkan berbagai sponsor. Kegiatan ini yang menghidupkan klub-klub daerah. Saya dengar ini merupakan instruksi pak sekjen untuk menggairahkan daerah," ujarnya.

Yacob bercerita klub pernah mengalami masa keemasan pada masa kepemimpinan PBSI dipegang oleh Tri Sutrisno (1985–1993). Pada saat itu ada penghargaan berupa uang tunai kepada klub bila atlet binaan mereka meraih prestasi.

"Ketika itu, klub berlomba-lomba mencetak atlet berprestasi karena merasa jerih payah kami mendapat penghargaan yang layak. Klub seperti Suryanaga, Tangkas, atau SGS Bandung selalu bersaing menhasilkan atlet terbaik," ujar Yacob yang juga pernah menjabat sebagai Sekjen PBSI periode 2008-2012 pada masa kepemimpinan Ketum Djoko Santoso.

Namun pada 2013, PBSI menghapus aturan penghargaan kepada klub itu. Masa itu lah, kla dia, menjadi masa-masa kelam bagi klub badminton di Indonesia.

Menurut Yacob, mengelola klub badminton membutuhkan biaya yang besar. Maka pada saat itu hanya klub-klub memiliki sokongan dari perusahaan besar yang bisa bertahan hidup.

Maka dari itu, Yacob mengapresiasi langkah Fadil yang memperlihatkan kepeduliannya melalui kegiatan yang penuh sponsor di daerah. "Ini membuat gairah di daerah dan klub cukup terbantu untuk bangkit lagi," ujarnya.

Salah satu nilai tambah Yacob kepada Fadil adalah selain ia senang bermain badminton, Fadil juga melibatkan semua pihak dalam membentuk Tim AdHoc PBSI untuk Olimpiade Paris 2024.

"Fadil telah mengumpulkan semua pihak yang kompeten di bulutangkis menjadi sebuah kesatuan, menjadi Indonesia," kata dia.

Sebelumnya, diumumkan Musyawarah Nasional (Munas) Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) akan digelar pada 10-12 Agustus 2024 di Surabaya, Jawa Timur.

Wakil Sekretaris Jenderal PP PBSI Edi Sukarno S mengatakan, salah satu agenda dari Munas PBSI adalah pemilihan ketua umum.

“Masa bakti kepengurusan PP PBSI era Ketua Umum Agung Firman Sampurna memang berakhir tahun ini. Maka dari itu, sesuai AD/ART organisasi harus diselenggarakan munas untuk memilih ketua umum (ketum),” kata Edi, demikian dilansir dari Antara.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement