Kamis 27 Jun 2024 01:56 WIB

4 Tim di Grup E Punya Poin Sama, Rumania, Belgia, dan Slovakia ke 16 Besar, Ukraina Out

Rumania ditahan Slovakia 1-1, Belgia bermain imbang 0-0 dengan Ukraina.

Red: Israr Itah
Ekspresi para pemain Belgia selepas bermain imbang tanpa gol pada laga terakhir Grup E melawan Ukraina, Para pemain tak terlalu berbahagia karena mendapatkan cemoohan dari performa buruk mereka gagal mengalahkan Ukraina di Stuttgart, Kamis (27/6/2024) dini hari WIB.
Foto: AP Photo/Matthias Schrader
Ekspresi para pemain Belgia selepas bermain imbang tanpa gol pada laga terakhir Grup E melawan Ukraina, Para pemain tak terlalu berbahagia karena mendapatkan cemoohan dari performa buruk mereka gagal mengalahkan Ukraina di Stuttgart, Kamis (27/6/2024) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, STUTTGART -- Posisi tim di klasemen akhir Grup E Euro 2024 tak berubah usai laga terakhir yang dijalani para penghuninya. Alhasil Rumania lolos sebagai juara grup, diikuti oleh Belgia sebagai runner up, dan Slovakia di peringkat ketiga. Adapun Ukraina terdepak karena menempati peringkat buncit.

Ini karena laga Rumania vs Slovakia di Frankfurt berakhir imbang 1-1, sementara duel Belgia vs Ukraina sama kuat 0-0 di Stuttgart, Kamis (27/6/2024) dini hari WIB.

Baca Juga

Keempat tim ini sama-sama mengoleksi nilai empat, hasil dari satu kemenangan, satu imbang, dan sekali kalah. Namun Rumania berada di posisi teratas dengan selisih gol +1 unggul produktivitas gol dari Belgia yang juga punya selisih gol serupa. Slovakia di posisi ketiga dengan selisih gol nol, sementara selisih gol Ukraina -2.

Hasil ini membuat Belgia harus berhadapan dengan Prancis pada babak 16 besar Piala Eropa 2024. Sementara Rumania dan Slovakia masih menanti hasil akhir laga Grup F untuk mengetahui lawan yang akan dihadapi pada ronde pertama babak gugur Euro 2024.

Dengan keempat tim dalam poin yang sama, tidak ada ruang untuk kesalahan. Sementara sebuah kemenangan akan meloloskan tim mana pun, kedua tim saling berburu gol sejak kick-off.

Dari laga Rumania vs Slovakia, skor imbang 1-1 saat turun minum. Razvan Marin dari Rumania mencetak gol penalti pada menit ke-37 untuk membatalkan gol sundulan Ondrej Duda pada menit ke-24. Hasil ini ternyata bertahan sampai laga berakhir.

Sementara duel Belgia vs Ukraina tanpa gol yang tercipta, meskipun sepanjang laga hingga peluit akhir berbunyi kedua tim berusaha keras memecah kebuntuan.

Peluang terbaik di awal pertandingan jatuh pada penyerang Belgia Romelu Lukaku. Ia mendapatkan umpan yang membelah lini pertahanan lawan dari Kevin De Bruyne pada menit ketujuh. Namun seperti yang sering terjadi di turnamen ini, sang penyerang bertubuh kekar ini gagal menyelesaikannya dan bahaya dapat dihalau dengan mudah oleh Ukraina.

Dengan lima pemain di lini belakang, bertahan adalah fokus bagi Ukraina dan mereka melakukannya di seluruh lapangan. Ukraina menekan dengan keras dan melakukan tekel dengan agresif, tapi tidak sembrono, saat mereka berusaha untuk menahan Belgia.

Mereka juga memiliki beberapa kesempatan, dan Roman Yaremchuk akan menyesal karena tidak lebih egois saat mendapatkan peluang. Daripada melepaskan tendangan, ia memilih untuk memberikan umpan pada Artem Dovbyk, tapi umpan tersebut terlalu keras dan hanya melayang di atas mistar gawang Belgia.

Saat turun minum, keempat tim di grup ini masih hanya meraih satu poin. Kabar Rumania bermain imbang 1-1 melawan Slovakia terdengar oleh Ukraina. Ukraina pun dipaksa keluar menyerang mencari gol agar tidak terdepak dari Euro 2024.

Pergantian...

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَلَآ اَقُوْلُ لَكُمْ عِنْدِيْ خَزَاۤىِٕنُ اللّٰهِ وَلَآ اَعْلَمُ الْغَيْبَ وَلَآ اَقُوْلُ اِنِّيْ مَلَكٌ وَّلَآ اَقُوْلُ لِلَّذِيْنَ تَزْدَرِيْٓ اَعْيُنُكُمْ لَنْ يُّؤْتِيَهُمُ اللّٰهُ خَيْرًا ۗ اَللّٰهُ اَعْلَمُ بِمَا فِيْٓ اَنْفُسِهِمْ ۚاِنِّيْٓ اِذًا لَّمِنَ الظّٰلِمِيْنَ
Dan aku tidak mengatakan kepadamu, bahwa aku mempunyai gudang-gudang rezeki dan kekayaan dari Allah, dan aku tidak mengetahui yang gaib, dan tidak (pula) mengatakan bahwa sesungguhnya aku adalah malaikat, dan aku tidak (juga) mengatakan kepada orang yang dipandang hina oleh penglihatanmu, “Bahwa Allah tidak akan memberikan kebaikan kepada mereka. Allah lebih mengetahui apa yang ada pada diri mereka. Sungguh, jika demikian aku benar-benar termasuk orang-orang yang zalim.”

(QS. Hud ayat 31)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement