Kamis 27 Jun 2024 07:26 WIB

Bekuk Jamaika 3-1, Ekuador Jaga Peluang ke Perempat Final Copa America 2024

Ekuador akan menghadapi Meksiko pada pertandingan terakhir Grup B Copa America.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pemain Ekuador Alan Minda berhasil melewati kiper Jamaika Jahmali Waite dan mencetak gol ketiga bagi timnya dalam pertandingan Grup B Copa America di Las Vegas, AS< Kamis (27/6/2024) pagi WIB.
Foto: AP Photo/David Becker
Pemain Ekuador Alan Minda berhasil melewati kiper Jamaika Jahmali Waite dan mencetak gol ketiga bagi timnya dalam pertandingan Grup B Copa America di Las Vegas, AS< Kamis (27/6/2024) pagi WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ekuador menjaga peluang lolos ke babak perempat final Copa America 2024 setelah memetik kemenangan 3-1 atas Jamaika pada laga kedua Grup B di Allegiant Stadium, Nevada, Amerika Serikat yang Kamis (27/6/2024) pagi WIB.

Dengan hasil ini Ekuador yang kalah 1-2 dari Venezuela pada laga pertama naik ke puncak klasemen Grup B untuk sementara dengan nilai tiga dengan selisih gol 4-3. Posisi Ekuador bisa tergusur selepas laga Venezuela vs Meksiko yang kick-off pada Kamis pukul 08.00 pagi ini.

Baca Juga

Jamaika tertinggal pada menit ke-13. Salah seorang pemainnya yakni Kasey Palmer melakukan gol bunuh diri. Gol kedua Ekuador terjadi pada akhir babak pertama tepatnya menit 45+4 melalui tendangan penalti.

Kiper Jamaika Jahmali Waite sebenarnya mampu membaca arah bola tendangan yang dilepaskan Kendry Paez, tapi bola ke kiri bawah lebih cepat masuk ke gawangnya.

Penalti terjadi setelah wasit melihat VAR dan salah seorang pemain Jamaika dinyatakan handball.

Tertinggal dua gol pada babak pertama, Jamaika langsung menekan sejak wasit meniupkan peluit tanda babak kedua dimulai.

Akhirnya Jamaika memperkecil ketinggalan pada menit ke-54. Michail Antonio mampu memaksimalkan peluang menjadi gol.

Kemelut terjadi di depan gawang Ekuador. Antonio mampu menguasai bola dan langsung melepaskan tendangan keras dari dalam kotak penalti untuk membobol gawang Ekuador. Skor berubah menjadi 2-1 masih untuk keunggulan Ekuador.

Menit ke-72 pemain Ekuador Alan Franco terlihat handball, wasit kemudian berdiskusi dengan petugas VAR. Namun hasilnya tidak sesuai yang diharapkan tim Jamaika. Tak ada hukuman tendangan penalti.

Alih-alih mampu menyamakan kedudukan, Jamaika justru semakin tertinggal menjadi 3-1. Setelah Alan Minda mencetak gol ketiga Ekuador pada menit 90+1.

Gol berawal dari serangan balik. Alan Minda yang mendapat bola buangan pemain belakang Ekuador menggiring bola dari daerah pertahanannya tanpa bisa dihentikan hingga akhirnya menaklukan kiper Jamaika. Skor 3-1 untuk Ekuador menjadi hasil akhir laga.

Ekuador akan menghadapi Meksiko pada Senin (1/7/2024) pukul 07.00 WIB pada laga ketiga, sedangkan Jamaika bertemu Venezuela pada hari yang sama.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement