Kamis 27 Jun 2024 08:41 WIB

Meniti Hari dengan Ibadah: Jadwal Sholat Hari Ini di Jakarta

Marilah kita senantiasa memperhatikan dan melaksanakan sholat lima waktu.

Red: Muhammad Hafil
Sholat. Ilustrasi
Foto: Canva
Sholat. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA --Ibadah sholat merupakan pilar utama dalam Kehidupan seorang Muslim. Sholat bukan sekadar rutinitas harian, melainkan sebuah cara untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dan menenangkan hati dari berbagai hiruk-pikuk duniawi.

Dalam Al-Qur’an, pentingnya pelaksanaan sholat ditekankan dalam banyak ayat, salah satunya adalah dalam Surah Al-Baqarah ayat 153: "Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar". (QS. Al-Baqarah: 153)

Sebagai seorang Muslim yang taat, memahami dan menghormati waktu sholat merupakan sebuah kewajiban. Pentingnya menjaga lima waktu shalat menuntut kita untuk memperhatikan jadwal sholat harian. Berikut ini adalah jadwal sholat hari ini untuk wilayah Jakarta:

- Shubuh: 04:41 WIB

- Dhuhur: 11:59 WIB

- Ashar: 15:21 WIB

- Maghrib: 17:52 WIB

- Isya: 19:06 WIB

Menjalankan sholat tepat waktu tidak hanya menunjukkan ketaatan, tetapi juga mendisiplinkan diri untuk lebih teratur dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Dalam beberapa hadis, Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa sholat tepat waktu adalah salah satu amalan yang paling dicintai oleh Allah SWT.

Perkembangan teknologi telah memudahkan umat Muslim untuk mendapatkan informasi waktu sholat secara tepat. Aplikasi smartphone, situs web, dan beragam media lainnya memungkinkan kita untuk selalu terhubung dengan jadwal sholat sesuai wilayah yang kita tempati. Hal ini penting mengingat waktu sholat bisa berbeda-beda berdasarkan lokasi geografis.

Namun, menghadirkan teknologi dalam pelaksanaan ibadah tidak serta merta mengurangi esensi dari arti sholat itu sendiri. Sholat harus dilakukan dengan penuh kekhusyukan, keikhlasan, dan dengan niat yang tulus untuk mencari ridha Allah SWT. Rasullullah SAW dalam salah satu haditsnya mengatakan, “Amalan yang paling utama adalah sholat pada waktunya dan berbakti kepada orang tua” (HR. Bukhari-Muslim).

Dengan mengetahui dan memahami jadwal sholat, kita diharapkan mampu menjaga kualitas ibadah dan menjadikannya sebagai penolong dalam setiap aspek kehidupan kita. Melalui sholat, hubungan kita dengan Allah menjadi lebih dekat, dan dampaknya pun dapat dirasakan dalam kedamaian hati serta keharmonisan dalam berperilaku sehari-hari.

Oleh sebab itu, marilah kita senantiasa memperhatikan dan melaksanakan sholat lima waktu tepat pada waktunya. Harapan dan doa kita, semoga Allah SWT selalu memberikan bimbingan dan pertolongan-Nya dalam setiap langkah yang kita ambil.

*Artikel dibuat oleh AI dan telah diverifikasi oleh Redaksi*

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَفَمَنْ هُوَ قَاۤىِٕمٌ عَلٰى كُلِّ نَفْسٍۢ بِمَا كَسَبَتْۚ وَجَعَلُوْا لِلّٰهِ شُرَكَاۤءَ ۗ قُلْ سَمُّوْهُمْۗ اَمْ تُنَبِّـُٔوْنَهٗ بِمَا لَا يَعْلَمُ فِى الْاَرْضِ اَمْ بِظَاهِرٍ مِّنَ الْقَوْلِ ۗبَلْ زُيِّنَ لِلَّذِيْنَ كَفَرُوْا مَكْرُهُمْ وَصُدُّوْا عَنِ السَّبِيْلِ ۗوَمَنْ يُّضْلِلِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ هَادٍ
Maka apakah Tuhan yang menjaga setiap jiwa terhadap apa yang diperbuatnya (sama dengan yang lain)? Mereka menjadikan sekutu-sekutu bagi Allah. Katakanlah, “Sebutkanlah sifat-sifat mereka itu.” Atau apakah kamu hendak memberitahukan kepada Allah apa yang tidak diketahui-Nya di bumi, atau (mengatakan tentang hal itu) sekedar perkataan pada lahirnya saja. Sebenarnya bagi orang kafir, tipu daya mereka itu dijadikan terasa indah, dan mereka dihalangi dari jalan (yang benar). Dan barangsiapa disesatkan Allah, maka tidak ada seorang pun yang memberi petunjuk baginya.

(QS. Ar-Ra'd ayat 33)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement