Kamis 27 Jun 2024 14:21 WIB

PTBA Perkuat Efisiensi Demi Pertahankan Kinerja Positif

Upaya efisiensi menciptakan ruang untuk peningkatan profitabilitas.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Friska Yolandha
Foto udara kapal tongkang bermuatan batu bara terdampar di muara Sungai Batanghari. PTBA Perkuat Efisiensi untuk pertahankan kinerja.
Foto: Antara/Wahdi Septiawan
Foto udara kapal tongkang bermuatan batu bara terdampar di muara Sungai Batanghari. PTBA Perkuat Efisiensi untuk pertahankan kinerja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bukit Asam Tbk (PTBA), anggota Grup MIND ID, terus memperkuat efisiensi di bidang operasi dan produksi dalam rangka mempertahankan kinerja positif. Berbagai langkah telah dilakukan untuk membuat perusahaan semakin efektif.

Pada kuartal I 2024, realisasi rasio nisbah kupas (Stripping Ratio) terjaga pada tingkat 6,3x. Sebagai pembanding, rasio nisbah kupas pada periode yang sama tahun 2023 sebesar 7,1x. Perusahaan juga memangkas jarak angkut tanah dan batu bara, salah satunya dengan penggunaan conveyor 

Baca Juga

PTBA pun mengoptimalkan peran anak usaha yang bergerak di sektor jasa penambangan, yaitu PT Satria Bahana Sarana (SBS). Sepanjang Januari-Maret 2024, kontribusi PT SBS mencapai 1,5 juta ton atau 21 persen dari total produksi. Jumlah tersebut meningkat 29 persen secara tahunan.

"Upaya-upaya efisiensi ini menciptakan ruang untuk peningkatan profitabilitas, serta membuat perusahaan semakin agile dalam menghadapi berbagai tantangan industri pertambangan batu bara ke depan," kata Corporate Secretary PT Bukit Asam Tbk (PTBA), Niko Chandra, dalam keterangan resminya, Kamis (27/6/2024).

Niko menambahkan, PTBA juga memiliki Program Eco Mechanized Mining. Bahasa lainnya, mengganti peralatan pertambangan yang menggunakan bahan bakar fosil menjadi elektrik. 

Beberapa alat berbasis listrik yang telah digunakan PTBA, di antaranya tujuh Ekskavator Listrik berjenis Shovel PC-3000, 40 Dump Truck sekelas 100 Ton hybrid (Diesel dan Listrik), dan enam Pompa Tambang berbasis Listrik. Dari Program Eco Mechanized Mining ini, perusahaan dapat menghemat penggunaan bahan bakar minyak (BBM) jenis diesel serta mereduksi emisi. Ada juga Program E-Mining Reporting System, yakni sistem pelaporan produksi secara real time dan daring sehingga mampu meminimalkan pemantauan konvensional yang menggunakan bahan bakar.

Berkat upaya-upaya efisiensi ini, Biaya Tunai (Cash Cost) PTBA pada kuartal I 2024 turun sebesar 10 persen menjadi Rp 867 ribu per ton. Untuk pembanding, Biaya Tunai pada kuartal I 2023 sebesar Rp 965 ribu per ton.

"Perusahaan fokus dalam menjalankan praktik penambangan berkelanjutan, sesuai dengan visi perusahaan yaitu perusahaan energi kelas dunia yang peduli lingkungan. Kami optimistis dapat menjaga kinerja baik dan sejalan dengan target hingga akhir tahun 2024," ujar Niko.

Frederikus Bata

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement