Kamis 27 Jun 2024 21:30 WIB

Indonesia Sempurna di Penyisihan, Juara Grup A Piala AFF U-16 Usai Gebuk Laos 6-1

Timnas Indonesia U-16 sudah mengungguli Laos 4-1 pada akhir babak pertama.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Timnas Indonesia U-16.
Foto: ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Timnas Indonesia U-16.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-16 tampil sempurna di penyisihan Grup A ASEAN U-16 Boy's Championship atau Piala AFF U-16. Indonesia memuncaki grup dengan nilai sembilan setelah mencetak kemenangan 6-1 atas Laos pada laga pamungkas di Stadion Manahan, Solo, Kamis (27/6/2024) malam.

Dari tiga pertandingan, timnas U-16 mencetak 12 gol dan hanya sekali kebobolan. Lawan yang akan dihadapi di semifinal adalah juara Grup C antara Thailand, Australia, dan Malaysia atau runner up Grup B.

Baca Juga

Jalannya laga

Laos yang sebagian pemainnya masih berusia 14 tahun tampil menggebrak pada awal laga. Menit keenam, Sayyavath dijatuhkan di kotak terlarang oleh Mathew Ryan Baker.

Phayak Siphanom yang menjadi eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik. Melalui tendangan kaki kanannya, ia mengarahkan bola ke pojok kanan gawang Indonesia. Nur Ichsan melompat ke arah yang berlawanan. Laos memimpin 1-0.

Menit ke-19 Daophahad Kamkasomphou nyaris memperbesar keunggulan Laos. Beruntung tendangannya dalam kotak penalti masih melambung di atas mistar gawang.

Menit ke-24, Muhammad Zahabi Gholy dijatuhkan di kotak terlarang oleh Ki Moukanyah. Gholy sendiri yang menjadi algojo penalti. Tendangan ke kiri bawah deras meluncur, kiper Laos Titsakhone Sumlivongvath yang menebak arah tembakannya kalah cepat dengan bola skor imbang 1-1.

Menit ke-25, Laos kembali mengancam kali ini melalui tendangan keras Sayyavath Vansavath, tetapi bola masih melambung.

Indonesia berbalik memimpin 2-1 pada menit ke-30. Bola tendangan pojok Fabio Azkairawan berusaha disundul Sayyavath, tapi justru masuk ke gawang sendiri.

Menit ke-37, Indonesia memperbesar keunggulan. Berawal dari lemparan ke dalam jarak jauh, bola disundul pemain Indonesia. Josh Holong menyambut bola tersebut dengan sundulan kedua untuk membuat Indonesia unggul 3-1.

Menit ke-45+3, giliran kapten tim Putu Panji Apriawan yang mencetak gol untuk membawa Indonesia unggul 4-1. Melanjutkan tendangan bebas dari Fabio, sundulan Putu Panji dari kotak penalti meluncur masuk ke gawang Laos. Hingga laga usai skor 4-1 untuk keunggulan Indonesia.

 

Unggul...

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement