Sabtu 29 Jun 2024 09:26 WIB

Eksklusif! Erick Thohir Buka-Bukaan Soal Perpanjangan Kontrak STY Hingga 'Grup Neraka'

Timnas harus berani menghadapi siaapun lawannya di kualifikasi Piala Dunia.

Rep: Abdullah Sammy/ Red: Fitriyan Zamzami
Menteri BUMN Erick Thohir
Foto: Republika/Thoudy Badai
Menteri BUMN Erick Thohir

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum PSSI buka-bukaan terkait sejumlah hal penting yang sedang dan akan dijalankan timnas Indonesia. Lewat wawancara eksklusif dengan Republika, Erick mengungkap target besar di balik perpanjangan kontrak pelatih Shin Tae-yong, jadwal liga, serta agenda timnas yang berambisi mencetak sejarah di babak kualifikasi ketiga Piala Dunia 2026. Berikut wawancaranya dengan wartawan Republika Abdullah Sammy.

PSSI resmi memperpanjang kontrak STY, apa hal penting di balik perpanjangan kontrak ini?

Baca Juga

Pertama-tama, saya sangat senang coach STY memperpanjang kontrak yang sebelumnya kontraknya sampai juni kemarin dan sekarang diperpanjang untuk tiga tahun kedepan. Tentu di dalam kontrak kita juga mencantumkan target-target bersama. Bagaimana kita saling mendukung antara PSSI dan coach STY. Di dalam kontrak kita mencantumkan target yang tentu kita sebagai profesional harus melaksanakan secara terbuka. Dan ini tentu bagian dari peningkatan profesionalisme yang terus kita bangun di PSSI.

Selain STY, PSSI kabarnya juga telah memiliki rencana tiga tahun kedepan?

Rencana liga dan timnas dalam tiga tahun kedepan fundamental. Terima kasih kepada liga yang punya komitmen untuk transformasi yang mana kita punya kalender untuk tiga tahun kedepan yang mana kita juga punya slot-slot untuk jadwal timnas dan liga bisa berjalan sesuai schedule yang sudah ditetapkan.

Bagaimana sinergi antara Liga dan timnas?

Saya berharap liga terus mendorong klub-klub yang bermain di liga untuk memainkan pemain timnas yang ada di liga Indonesia sehingga mereka punya kebugaran dan peningkatan skill sehingga ketika mereka dipanggil ke timnas kita bisa terus jaga performancenya.

Bagaimana pemantauan pemain timnas yang merumput di luar negeri?

Kita juga memiliki tim yang memantau pemain kita yang ada di luar negeri sehingga mereka juga bisa memberikan yang terbaik ketika bergabung ke timnas.

Apa review dan pembenahan penting terkait timnas setelah STY diperpanjang kontraknya?

Disiplin jadwal dan kalender. Kita mendorong bagaimana timnas punya kalender yang mana H-4 sebelum FIFA matchday semua pemain bisa berkumpul.

Pandangan Anda soal peluang timnas di grup C kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan tim langganan piala dunia seperti Arab Saudi, Jepang, dan Australia?

Saya yakin kalau kita mempersiapkan tim dengan baik kita harus berani melawan siapapun tidak boleh kasih kendor, kasih liat kita adalah bangsa besar, bangsa yang punya fighting spirit sehingga saat lawan berhadapan dengan kita di Gelora Bung Karno atau saat bermain di luar negeri mereka punya perhitungan tidak memandang kita sebelah mata. Saya juga berharap suporter terus mengobarkan merah putih di seluruh stadion yang kita akan bertanding.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَكَذٰلِكَ جَعَلْنٰكُمْ اُمَّةً وَّسَطًا لِّتَكُوْنُوْا شُهَدَاۤءَ عَلَى النَّاسِ وَيَكُوْنَ الرَّسُوْلُ عَلَيْكُمْ شَهِيْدًا ۗ وَمَا جَعَلْنَا الْقِبْلَةَ الَّتِيْ كُنْتَ عَلَيْهَآ اِلَّا لِنَعْلَمَ مَنْ يَّتَّبِعُ الرَّسُوْلَ مِمَّنْ يَّنْقَلِبُ عَلٰى عَقِبَيْهِۗ وَاِنْ كَانَتْ لَكَبِيْرَةً اِلَّا عَلَى الَّذِيْنَ هَدَى اللّٰهُ ۗوَمَا كَانَ اللّٰهُ لِيُضِيْعَ اِيْمَانَكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ بِالنَّاسِ لَرَءُوْفٌ رَّحِيْمٌ
Dan demikian pula Kami telah menjadikan kamu (umat Islam) ”umat pertengahan” agar kamu menjadi saksi atas (perbuatan) manusia dan agar Rasul (Muhammad) menjadi saksi atas (perbuatan) kamu. Kami tidak menjadikan kiblat yang (dahulu) kamu (berkiblat) kepadanya melainkan agar Kami mengetahui siapa yang mengikuti Rasul dan siapa yang berbalik ke belakang. Sungguh, (pemindahan kiblat) itu sangat berat, kecuali bagi orang yang telah diberi petunjuk oleh Allah. Dan Allah tidak akan menyia-nyiakan imanmu. Sungguh, Allah Maha Pengasih, Maha Penyayang kepada manusia.

(QS. Al-Baqarah ayat 143)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement