Ahad 30 Jun 2024 05:55 WIB

Tentara Israel Terus Bertumbangan di Shujaiya

Perlawanan sengit masih dilancarkan pejuang Palestina di Shujaiya.

Red: Fitriyan Zamzami
Tentara IDF mengeluarkan prajurit yang terluka dari Jalur Gaza dalam foto tak bertanggal yang dirilis 1 Januari 2023.
Foto: IDF
Tentara IDF mengeluarkan prajurit yang terluka dari Jalur Gaza dalam foto tak bertanggal yang dirilis 1 Januari 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, GAZA – Faksi-faksi pejuang bersenjata Palestina terus melakukan perlawanan sengit melawan pasukan pendudukan yang menembus lingkungan Shujaiya di Jalur Gaza utara, untuk hari ketiga berturut-turut pada Sabtu. Para pejuang mengumumkan penghancuran kendaraan militer pasukan penjajahan Israel (IDF) sementara Israel mengakui prajuritnya bertumbangan. 

Dalam pengumuman terkini, militer Israel mengatakan dua tentaranya tewas di Shujaiya. Kedua tentara berusia 20 tahun dan merupakan anggota Pasukan Terjun Payung. Tentara juga mengatakan bahwa seorang prajurit dari Batalyon 13 Brigade Golan, dan seorang prajurit dari Batalyon “Rotem” dari Brigade Givati ​​terluka parah dalam pertempuran di Gaza utara.

Baca Juga

Radio Tentara Israel melaporkan bahwa salah satu yang tewas kemarin terlibat baku tembak dengan pejuang Palestina dari jarak dekat di dalam sebuah rumah di Shujaiya. Sementara tentara lainnya tewas akibat tembakan penembak jitu perlawanan.

Sebelumnya, Aljazirah Arabia melansir, tentara Israel mengevakuasi 4 tentara yang tewas dan 5 tentara terluka pada Jumat malam dalam pertempuran sengit dengan perlawanan Palestina di Shujaiya. Kematian mereka menambah jumlah tentara yang tewas dalam serangan darat yang dimulai pada akhir Oktober menjadi sedikitnya 318 orang.

Israel mengeklaim bahwa kelanjutan operasi militernya di Shujaiya menargetkan "infrastruktur" Brigade al-Qassam, sayap militer Hamas di wilayah tersebut. Tentara pendudukan juga mengklaim bahwa mereka telah mengepung sebuah kompleks di lingkungan tersebut dan menemukan lokasi pengintaian, peralatan tempur, dan drone. Perusahaan Penyiaran Israel mengatakan bahwa lebih dari 40 konfrontasi terjadi antara tentara dan Brigade Qassam di Shujaiya sejak dimulainya serangan pada Kamis.

Sejak Kamis itu, pejuang Palestina telah melakukan setidaknya 24 serangan terhadap pasukan Israel, menewaskan sedikitnya empat tentara penjajah dan melukai lima lainnya. 

Lembaga pemikir pertahanan yang berbasis di AS, Institute for the Study of War (ISW) dan Critical Threats Project (CTP) melansir, tingkat serangan yang dilakukan oleh pejuang Palestina di Shujaiya sebanding dengan perlawanan terhadap  invasi darat Israel ke Jabalia pada Mei. Saat itu, menyebabkan 33 serangan dilancarkan terhadap pasukan Israel dalam 24 jam pertama. Kondisi saat itu merupakan pertempuran terberat yang pernah dihadapi pasukan Israel sejak invasi darat mereka ke Gaza.

Dalam laporan harian terbaru mereka mengenai pertempuran di Gaza, laporan gabungan ISW/CTP juga mencatat bahwa para pejuang Palestina pada Jumat melakukan serangan dengan granat berpeluncur roket terhadap pasukan Israel dan sebuah pos tempur yang terletak di selatan Kota Gaza.

Semalam, Brigade Al-Qassam mengatakan bahwa para pejuangnya terus menghadapi pasukan Israel yang memasuki lingkungan Shujaiya dalam “penyergapan yang kompleks,”. Mereka mengumumkan kematian dan cederanya anggota pasukan Israel dalam penyergapan yang telah mereka persiapkan sebelumnya.

Brigade tersebut juga melaporkan bahwa mereka melakukan serangan langsung dengan menembaki pasukan tentara Israel beberapa kali ketika mereka mencoba menembus lingkungan tersebut dengan mortir yang berat, dan mencatat bahwa mereka telah memantau pendaratan helikopter untuk mengevakuasi korban tewas dan terluka.

Sementara itu, Brigade al-Quds, sayap militer Gerakan Jihad Islam, mengumumkan bahwa sejumlah tentara penjajah tewas dan terluka dengan menargetkan kendaraan militer Tamer dengan peluru tandom di tanah Qandil di Shujaiya.

Brigade al-Quds mengatakan bahwa kendaraan tersebut terbakar dan sebuah helikopter Israel mendarat untuk mengevakuasi korban tewas dan terluka dari tempat tersebut. Mereka juga mengumumkan telah mengebom sebuah pusat komando dan kumpulan kendaraan tentara Israel dan tentara yang memasuki lingkungan tersebut dengan mortir.

Shujaiya yang bersejarah... baca halaman selanjutnya.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَكُوْنُوْا كَالَّذِيْنَ كَفَرُوْا وَقَالُوْا لِاِخْوَانِهِمْ اِذَا ضَرَبُوْا فِى الْاَرْضِ اَوْ كَانُوْا غُزًّى لَّوْ كَانُوْا عِنْدَنَا مَا مَاتُوْا وَمَا قُتِلُوْاۚ لِيَجْعَلَ اللّٰهُ ذٰلِكَ حَسْرَةً فِيْ قُلُوْبِهِمْ ۗ وَاللّٰهُ يُحْيٖ وَيُمِيْتُ ۗ وَاللّٰهُ بِمَا تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ
Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu seperti orang-orang kafir yang mengatakan kepada saudara-saudaranya apabila mereka mengadakan perjalanan di bumi atau berperang, “Sekiranya mereka tetap bersama kita, tentulah mereka tidak mati dan tidak terbunuh.” (Dengan perkataan) yang demikian itu, karena Allah hendak menimbulkan rasa penyesalan di hati mereka. Allah menghidupkan dan mematikan, dan Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.

(QS. Ali 'Imran ayat 156)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement