Selasa 02 Jul 2024 21:25 WIB

Dorong Inovasi IoT di Indonesia, Kementerian Kominfo Gandeng ASIOTI

Kominfo, memiliki beberapa rencana spesifik dalam pengembangan teknologi IoT

Red: Arie Lukihardianti
Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika Kominfo dengan Ketua Umum Asosiasi Internet of Things Indonesia
Foto: Dok Republika
Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika Kominfo dengan Ketua Umum Asosiasi Internet of Things Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--- Direktorat Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika menjalin kerja sama dengan Asosiasi Internet of Things Indonesia (ASIOTI). Hal ini dilakukan, untuk mendorong pengembangan teknologi Internet of Things (IoT) di Indonesia.

Kolaborasi ini ditandai oleh penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika Kominfo dengan Ketua Umum Asosiasi Internet of Things Indonesia, di Bandung, Senin (1/7/2024). Kerja sama ini, bertujuan untuk menciptakan ekosistem IoT yang kuat, inovatif, dan berkelanjutan, serta mendukung pertumbuhan ekonomi berbasis teknologi di Indonesia.

Baca Juga

Menurut Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika Kominfo, Mulyadi, pihaknya memiliki beberapa rencana spesifik dalam pengembangan teknologi IoT. Serta, fokus pada pengembangan inovasi teknologi dan solusi IoT yang dapat diterapkan di berbagai sektor.

"Selain itu, kami juga menyusun standar teknis yang sesuai dengan kebutuhan nasional serta kompatibel dengan standar internasional untuk memastikan interoperabilitas dan keamanan,"katanya.

Direktorat Standardisasi, kata dia, akan melibatkan sektor swasta dan akademisi melalui berbagai inisiatif seperti seminar, workshop, dan hackathon. Selain itu, pihaknya juga mendorong partisipasi sektor swasta dalam proyek-proyek pilot yang dapat menjadi model penerapan teknologi IoT di berbagai sektor. "Melalui kolaborasi ini kami berharap industri lokal IoT dapat semakin berperan dalam pengembangan infrastruktur digital di Indonesia," kata Mulyadi.

Sementara menurut Ketua Umum Asosiasi Internet of Things Indonesia (ASIOTI), Teguh Prasetya, pihaknya dapat memberikan dukungan dalam riset pasar dan penyusunan white paper mengenai perkembangan IoT di Indonesia. Dukungan ini meliputi penyediaan data industri yang komprehensif, kontribusi dalam penulisan dan review white paper, serta partisipasi dalam diskusi dan seminar yang diadakan selama proses penyusunan. "Kami sangat menghargai kolaborasi ini dan berharap dapat memberikan kontribusi signifikan dalam penyusunan riset pasar dan white paper  yang akan menjadi acuan penting bagi pengambil kebijakan dan pelaku industri IoT di Indonesia," katanya.

Terkait AIOT Smart Solutions Initiative 2024, kata dia, ini merupakan langkah strategis untuk melanjutkan dan mengembangkan capaian dari kegiatan IOT Makers Creation dan Indonesia Smart Solution Summit. Target dari inisiatif ini meliputi peningkatan jumlah startup dan perusahaan yang mengadopsi teknologi AIOT, pengembangan standar teknis baru untuk teknologi AIOT, serta peningkatan kesadaran dan pengetahuan tentang manfaat dan penerapan AIOT di masyarakat. "Kami berharap inisiatif ini dapat menjadi pendorong dalam mengembangkan ekosistem teknologi yang lebih matang dan terintegrasi di Indonesia, dengan terciptanya solusi-solusi cerdas yang dapat meningkatkan efisiensi operasional di sektor-sektor penting seperti transportasi, kesehatan, dan industri manufaktur," papar Teguh.

Menurut Teguh, AIOT Smart Solutions Initiative 2024 merupakan langkah strategis untuk melanjutkan dan mengembangkan capaian dari kegiatan IOT Makers Creation dan Indonesia Smart Solution Summit. "Inisiatif ini dapat mendorong inovasi dan meningkatkan kolaborasi antara pemerintah, industri, dan akademisi," katanya.

ASIOTI optimis bahwa AIOT Smart Solutions Initiative 2024 akan membawa dampak positif yang signifikan bagi ekosistem teknologi di Indonesia. "Penandatangan PKS ini sekaligus menjadi kick-off AIOT Smart Solutions Initiative 2024 sebagai salah satu program kolaborasi jangka panjang multi-stakeholder untuk menjadikan solusi pintar sebagai pendukung utama dalam keseharian masyarakat Indonesia di era digital ini," paparnya.

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement