Rabu 03 Jul 2024 10:53 WIB

Innalillahi, Istri Abuya Ustaz Hasan Baharun Pendiri Dalwa, Hubbabah Khodijah Wafat

Hubbabah Khodijah merupakan istri yang selaly

Red: Erdy Nasrul
Flyer hubbabah khodijah wafat
Foto: Erdy Nasrul/Republika
Flyer hubbabah khodijah wafat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pondok Pesantren Darullughah Wadda'wah (Dalwa) Jawa Timur berduka. Bahkan duka itu bukan saja dirasakan mereka, tapi juga Muslim di Jawa Timur dan lainnya. Istri almarhum Ustaz Hasan Baharun pendiri pesantren tersebut, Hubbabah Khodijah binti Muhammad al-Hinduan, wafat. Kabar itu tersebar luas pada Rabu (3/7/2024)

Ibunda dari Habib Zain, Habib Seggaf Baharun, dan lainnya, itu telah dipanggil untuk kembali kepada Allah di saat Pesantren Dalwa sudah berkembang pesat. Kini tempat belajar ribuan santri tersebut telah menghasilkan banyak alumni yang tersebar di berbagai kawasan.

Baca Juga

Dalam Haul ke-24 Abuya Ustadz Hasan Baharun di Masjid Istiqlal, Hubbabah Khodijah hadir. Sang anak Habib Seggaf Baharun menyebut nama ibunda saat berpidato di hadapan puluhan ribu hadirin yang memenuhi semua sisi masjid yang menjadi lambang kemerdekaan Indonesia tersebut.

Hubbabah Khodijah adalah sosok yang penuh kearifan, senantiasa mendukung segala perjuangan ayahanda Abuya Ustaz Hasan Baharun yang penuh dengan tantangan. 

Dalam Buku Kearifan dan Keteladanan Abuya Ustadz Hasan Baharun dijelaskan, pada masa awal perintisan Pesantren Dalwa, Hubbabah Khodijah dengan tulus senantiasa membersamai sang suami tercinta Ustadz Hasan Baharun.

Bahkan suatu ketika, dia mengikhlaskan perhiasan yang dimiliki dimanfaatkan untuk pembangunan pesantren. Tak hanya itu, Hubbabah Khodijah juga selalu membersamai Ustaz Hasan Baharun dalam keterbatasan, hidup dengan sangat sederhana, karena untuk mendukung sang suami mendakwahkan kearifan Islam dan mendirikan Pesantren Dalwa.

Kini perjuangan almarhumah dan suaminya yang sudah lebih dahulu wafat pada 1999, sudah menghasilkan pesantren yang menjadi referensi mencari ilmu ribuan orang. Semoga Allah meridhai almarhumah dan menempatkannya di taman-taman surga.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement