Kamis 04 Jul 2024 15:28 WIB

Rep: Karta Raharja Ucu/ Red: Agung Sasongko

Jabal Abu Qubais, Tempat Rasulullah Membelah Bulan Kini Berdiri Istana Raja

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Mungkin tidak banyak jamaah haji dan umroh yang tidak tahu jika ada satu jabal atau gunung yang bersejarah di dekat Masjidil Haram. Namanya adalah Jabal Abu Qubais.

Jabal Abu Qubais atau Jabal Qubais adalah gunung atau bukit yang terletak di sebelah timur Makkah, tepatnya dekat pintu keluar Jabal Marwah tempat selesainya sai. Dari bukit ini pula batu untuk membangun Kakbah diambil. Nabi Adam mengambil batu sendiri dari bukit ini sebagai pondasi Kakbah.

Jabal Abu Qubais dulunya dikenal dengan sebutan Jabal al-Amin (bukit kepercayaan), karena Allah SWT telah menyelamatkan batu atau Hajar Aswad ketika topan dan banjir dahsyat pada zaman Nabi Nuh AS.

Hajar Aswad kembali ditemukan di Jabal Abu Qubais oleh Nabi Ibrahim AS atas pertolongan Malaikat Jibril ketika akan membangun Baitullah yang hancur. Jabal Abu Qubais menjadi saksi banyak peristiwa bersejarah.

Di Jabal Abu Qubais itu pula, Nabi Ibrahim diperintahkan Allah untuk menyeru ke seluruh umat manusia agar pergi berhaji. Namun di atas Jabal Abu Qubais saat ini dibangun Istana Raja Arab Saudi yang tinggi dan megah.

Di bukit ini pula Rasulullah diminta orang kafir membelah bulan. Saat itu Rasulullah berdiri di atas atau di dekat gunung Abu Qubais dan berdoa kepada Allah untuk memberikan mukjizat. Dan bulan purnama pura pun terbelah dua.

Videografer: Karta Raharja Ucu