Jumat 05 Jul 2024 16:42 WIB

Pemberdayaan Lansia Melalui Produksi Lempeng Ndeso Simbah

Simbah Gunungkidul memproduksi lempeng setiap Selasa, Rabu, dan Kamis.

Red: Friska Yolandha
Rumah Zakat melalui program Desa Ramah Lansia terus berkomitmen mewujudkan lingkungan fisik dan sosial melalui pemberdayaan lansia.
Foto: Dok Republika
Rumah Zakat melalui program Desa Ramah Lansia terus berkomitmen mewujudkan lingkungan fisik dan sosial melalui pemberdayaan lansia.

REPUBLIKA.CO.ID, GUNUNGKIDUL -- Rumah Zakat melalui program Desa Ramah Lansia terus berkomitmen mewujudkan lingkungan fisik dan sosial. Hal itu bertujuan agar lansia dapat memenuhi kebutuhannya sehingga lansia tetap bisa hidup dengan sehat, aktif, produktif. 

Salah satu yang terus digiatkan oleh Pos Lansia Husnul Khotimah binaan Rumah Zakat dalam mengimplementasikan Program Desa Ramah Lansia di Desa Pacarejo Kapanewon Semanu Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta adalah dengan membuat unit usaha yaitu produksi lempeng ndeso simbah.

Baca Juga

Kegiatan produksi lempeng oleh para simbah dilaksanakan setiap Selasa, Rabu, dan Kamis setiap pekannya. Aktivitas produksi lempeng simbah pada hari Selasa tanggal 2 Juli 2024 dimulai sejak pukul 7 pagi. 

Tampak para lansia dibersamai kader lansia kompak dan bersemangat memproduksi lempeng yang merupakan makanan khas desa. 

Bahan baku yang digunakan adalah tepung singkong kering atau gaplek/glepung, bawang putih, ketumbar, dan garam. Setelah bumbu dihaluskan dan tepung diayak untuk mendapatkan tepung terhalus kemudian keduanya dicampur dibuat adonan untuk selanjutnya dimasak dengan cara dikukus dengan dandang di tungku batu. 

Semua aktivitas produksi lempeng ndeso simbah saat ini di rumah limasan simbah yang biasa dijadikan tempat pusat kegiatan lansia. Aktivitas produksi lempeng simbah menghabiskan bahan baku rata-rata 3 sampai 5 kg tepung per hari produkai. Para lansia binaan Rumah Zakat ini memiliki tekad menjadikan Pos Lansia Husnul Khotimah menjadi sentra produksi lempeng di Gunungkidul.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement