Sabtu 06 Jul 2024 16:05 WIB

Apa Makna Kabut, Tanda Kiamat Besar?

Ada yang mengaitkan kabut atau ad-dukhan dengan perang nuklir jelang Hari Kiamat.

Red: Hasanul Rizqa
ILUSTRASI Kabut atau ad-dukhan.
Foto: dok wiki
ILUSTRASI Kabut atau ad-dukhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu tanda-tanda besar Hari Kiamat adalah munculnya asap (ad-dukhan). Pencantuman ad-Dukhan sebagai nama surah ke-44 dalam Alquran mengindikasikan seriusnya pertanda tersebut. Allah SWT berfirman, artinya, "Maka tunggulah hari ketika langit membawa asap yang nyata, yang meliputi manusia. Inilah azab yang pedih" (QS ad-Dukhan: 10-11).

Imam Thabrani menyebutkan, peringatan Nabi Muhammad SAW tentang ad-dukhan tersebut bersanding dengan bahaya Dabbah (binatang melata yang keluar dari perut bumi dan memangsa manusia) dan Dajjal. Tanda-tanda ini merupakan tanda besar Hari Kiamat.

Baca Juga

Hal ini termaktub dalam sabda Rasulullah SAW, "Sungguh Rabb-mu telah memperingatkanmu akan tiga hal, ad-dukhan (asap) yang akan mengakibatkan orang Mukmin demam dan orang kafir melepuh sehingga keluar asap dari telinganya. Kedua adalah Dabbah, dan ketiga adalah Dajjal" (HR Thabrani).

Penyebutan hadis secara urut ini mengindikasikan tahapan-tahapan dari tiga tanda-tanda kiamat kubra (besar) tersebut. Diawali dengan ad-dukhan, kemudian Dabbah, selanjutnya Dajjal.

Ada beberapa penafsiran ulama tentang makna dari ad-dukhan. Ibnu Mas'ud RA menafsirkan, ad-dukhan bisa dimaknai dengan kesempitan hidup yang melanda kaum Quraisy pada zaman Nabi Muhammad SAW.

Selanjutnya...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement