Senin 08 Jul 2024 08:59 WIB

Ka'bah Dipasangi KIswah Baru Tepat di 1 Muharram 1446 Hijriyah

Kiswah tersebut memiliki berat 1.350 kilogram dan tinggi 14 meter.

Red: Ani Nursalikah
Proses pemasangan kiswah Kabah baru menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriyah, Ahad (7/7/2024).
Foto: Saudi Gazette
Proses pemasangan kiswah Kabah baru menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriyah, Ahad (7/7/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Otoritas Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi menghiasi Ka'bah suci dengan kiswah atau penutup baru, Ahad (7/7/2024). Penggantian kiswah baru dilakukan sesuai tradisi tahunan menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriyah

Dilansir di Saudi Gazette, Ahad, penggantian tersebut dilakukan oleh tim yang terdiri dari 159 pengrajin dari Kompleks Raja Abdulaziz Kiswah Ka'bah Suci.

Baca Juga

Tim yang disebar di bagian samping dan atap Ka'bah sesuai dengan spesialisasinya, memulai dengan membongkar kiswah lama dan memasang yang baru, kemudian memasangnya di sudut-sudut dan atap Ka'bah.

Kiswah tersebut memiliki berat 1.350 kilogram dan tinggi 14 meter. Kiswah terdiri dari empat sisi terpisah dan tirai pintu. Masing-masing sisi secara individual diangkat ke puncak Ka'bah sebagai persiapan untuk membuka lipatannya di atas penutup lama.

Sisi-sisinya dipasang di bagian atas dengan cara diikat, dan ujung lainnya diturunkan setelah tali Kiswah tua dilepas. Sisi-sisi baru digerakkan ke atas dan ke bawah secara terus menerus, dilanjutkan dengan menurunkan kiswah lama dari bawah dan membiarkan sisi-sisi baru tetap pada tempatnya.

Proses ini diulangi untuk masing-masing sisi hingga kiswah selesai dipasang. Terakhir, sabuk disejajarkan dalam garis lurus di keempat sisinya dan dijahit pada tempatnya.

Setelah semua sisinya diikat, sudut-sudutnya dijahit dari atas kiswah ke bawah. Setelah ini selesai, tirai dipasang, yang membutuhkan waktu dan ketelitian.

Kiswah dibuat dengan sekitar 1.000 kilogram sutra mentah, diwarnai hitam di dalam kompleksnya, 120 kilogram benang emas, dan 100 kilogram benang perak. Sabuk Kiswah terdiri dari 16 buah, beserta tujuh buah di bawah ikat pinggang.

Kompleks Raja Abdulaziz untuk Kiswah Ka'bah Suci mempekerjakan sekitar 200 pengrajin dan administrator, semuanya warga negara yang terlatih, berkualifikasi, dan terspesialisasi.

Kompleks ini mencakup departemen pencelupan, tenun otomatis dan tangan, percetakan, pembuatan ikat pinggang, penyepuhan, menjahit, dan perakitan Kiswah. Ini menampung mesin jahit terbesar di dunia dalam hal panjangnya, berukuran 16 meter, dan beroperasi dengan sistem komputerisasi.

Selain itu, terdapat departemen pendukung seperti laboratorium, pelayanan administrasi, pengendalian mutu, hubungan masyarakat, pelayanan kesehatan pekerja, dan keselamatan kerja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement