Senin 08 Jul 2024 11:19 WIB

KLHK Transplantasi Bibit Terumbu Karang

Penanaman fragmen karang dilakukan dengan menggunakan metode spider web.

Red: Satria K Yudha
Pegiat konservasi mengamati kondisi terumbu karang di perairan Friwen, Raja Ampat, Papua Barat Daya, Jumat (7/6/2024).
Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Pegiat konservasi mengamati kondisi terumbu karang di perairan Friwen, Raja Ampat, Papua Barat Daya, Jumat (7/6/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, KUPANG - Direktorat Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Pesisir dan Laut (PPKPL) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melaksanakan kegiatan transplantasi terumbu karang. KLHK melakukan transplantasi sebanyak 1.560 bibit terumbu karang di Kawasan Perlindungan Terumbu Karang Larantuka, Kabupaten Flores Timur.

"Terumbu karang itu rumah ikan, dengan terumbu karang yang tumbuh subur, ikan akan banyak dengan begitu perekonomian masyarakat nelayan bisa terbantu,” kata Penjabat Bupati Flores Timur Sulastri Rasyid di Larantuka, akhir pekan lalu.

Hal ini disampaikannya saat memberikan kata sambutan ketika membuka kegiatan transplantasi terumbu karang di wilayah pesisir tersebut.

Dia menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan Program Direktorat Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Pesisir dan Laut, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan pelaksana CV.Ararat, berkolaborasi dengan komunitas Bergiat Untuk Nusa (Berguna) dan Kelompok Masyarakat Pengawas San Dominggo (Pokmaswas).