Senin 08 Jul 2024 12:30 WIB

Paman Birin: Manfaat Turdes Selaras dengan Harapan Jokowi

Hasil pemeriksaan BPK atas LKPP tahun 2023 menunjukkan opini Wajar Tanpa Pengecualian

Red: Lida Puspaningtyas
Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin Penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LHP LKPP) TA 2023, di Balai Sidang Jakarta (JCC), Jakarta, Senin (8/7/2024).
Foto: Dokumen
Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin Penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LHP LKPP) TA 2023, di Balai Sidang Jakarta (JCC), Jakarta, Senin (8/7/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor atau Paman Birin mengatakan, kegiatan turun ke desa (Turdes) bersama Foropimda dan perangkat daerah ke desa desa terpencil, selaras dengan harapan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal itu diutarakan Paman Birin setelah menyimak cermat pesan pesan penting Presiden Jokowi saat memberikan arahan pada Penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LHP LKPP) TA 2023, di Balai Sidang Jakarta (JCC), Jakarta, Senin (8/7/2024).

Baca Juga

photo
Presiden Jokowi saat memberikan arahan pada Penyampaian Laporan Hasil Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LHP LKPP) TA 2023, di Balai Sidang Jakarta (JCC), Jakarta, Senin (8/7/2024). - (Dokumen)

Presiden Jokowi, lanjut Ketua Umum FORKI Kalsel ini, menekankan kepada semua lembaga kementerian termasuk di tingkat pemerintahan daerah, agar melanjutkan perbaikan ekosistem pemerintah, membangun sistem pemerintahan yang akuntabel sekaligus fleksibel dan selalu berorientasi pada hasil atau bermanfaat untuk rakyat.

"Dari kegiatan turdes yang baru kita lakukan selama enam hari kemarin, kita melihat secara langsung di lapangan dan memastikan apakah kegiatan pembangunan yang telah diprogramkan manfaatnya sudah dirasakan rakyat atau belum," terang Paman Birin.

Berdasarkan catatan pribadi dirinya setelah melihat dan mendengarkan lamgsung aspirasi masyarakat selama turun ke desa sebut Paman Birin, program program pembangunan daerah termasuk infrastrukur antara lain pembangunam jalan, jembatan dan program lain manfaatnya sebagian besar sudah dirasakan masyarakat terutama di daerah pelosok.

"Bersama stakeholder kita tinggal melanjutkan atau menyelesaikan pembangunan yang masih berjalan atau sudah diprogramkan," tandasnya.

Terkait pentingnya pembangunan beroreantasi hasil atau out come, bagi Pemerintah Provinsi Kalsel telah dimplemenrasikan dengan kinerja tata kelola keuangan dengan pencapaian perolehan Opini WTP sebanyak 10 kali berturut turut sejak 2013.

"Pencapaian itu tentunya berkat kerja keras dan kolaborasi seluruh stakholder dan masyarakat serta inovasi inovasi berkelanjutan," ucapnya.

Kepala negara dalam.arahan lain, lanjut Paman Birin mengharapkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) turut mendukung proses transisi pemerintahan kepada presiden dan wakipresiden terpilih hasil Pilpres 2024 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka agar berjalan baik.

Sementara itu berdasarkan Hasil pemeriksaan BPK atas LKPP tahun 2023 menunjukkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement