Selasa 09 Jul 2024 00:02 WIB

Rep: Havid Al Vizki/ Red: Fian Firatmaja

Potensi Sambal Nusantara Menjadi Kuliner Papan Atas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Wakil Ketua Umum Bidang Sosial DPP Asosiasi Pengusaha Jasa boga Indonesia (APJI) mengaku festival sambal nusantara ini berawal dari kegelisahaan terhadap bahan-bahan makanan yang berlebihan. Bahan-bahan tersebut akhirnya diolah serta dijadikan berbagai menu dan sambal.

Ia mengatakan banyak bahan-bahan lokal yang bisa digunakan untuk dijadikan kuliner dan dinikmati oleh masyarakat. Ia berharap festival itu bisa diadakan lebih besar sehingga bisa semakin banyak peserta yang terlibat.

Juri festival sambal nusantara, Putri Habibie mengaku festival itu menjadi momentum yang baik untuk memperkenalkan sambal yang ada di Indonesia. Karena menurutnya potensi sambal untuk menjadi top food sangat besar.

Selain itu, menurut Chef Vindex Valentino Tengker potensi sambal lokal di Indonesia bisa menjadi kesejahteraan masyarakat. Menurutnya APJI sangat berperan untuk meningkatkan kesadaran pelaku UMKM untuk memanfaatkan bahan yang berasal dari daerah masing-masing untuk dikelola menjadi oleh-oleh.

 

Videografer/Video Editor | Havid Al Vizki