Selasa 09 Jul 2024 08:36 WIB

Red: Agung Sasongko

Suasana Pergantian Kiswah Kabah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 159 teknisi dan perajin akan mengikuti prosesi penggantian kiswah ini. Sementara itu, lebih dari 200 pengrajin dan administrator Saudi yang berkualifikasi dan terspesialisasi bekerja untuk memproduksi kiswah baru di Kompleks Raja Abdulaziz untuk Kiswah Ka'bah Suci, yang terletak di lingkungan Umm Al-Jud di Makkah.

Para karyawan ini mengerahkan upaya tak kenal lelah untuk menyelesaikan berbagai tahapan pembuatan kiswah. Tahapan tersebut terutama meliputi: penyulaman ikat pinggang Ka'bah, menenun kain dengan tangan dan mesin, mencetak, mengalungkan, dan mewarnai.

Kiswah ini membutuhkan sekitar 1.000 kilogram sutra mentah yang diwarnai hitam pada bagian kompleksnya, 120 kilogram kawat emas, dan 100 kilogram kawat perak. Kiswah terdiri dari empat lembar kain yang masing-masing lembar menutupi salah satu sisi Ka'bah, dan lembar ke-5 merupakan tirai yang dipasang pada pintu Ka'bah.

Sejak 1 Muharram 1444 H yang kala itu bertepatan dengan tanggal 30 Juli 2022, Pemerintah Arab Saudi memang melakukan penggantian kiswah ka'bah setiap awal Muharram. Begitu pula malam ini, jelang pergantian tahun Hijriah.

Sebelumnya, kiswah diganti setiap tanggal 9 Dzulhijjah ketika jAmaah haji sedang menunaikan wukuf di Arafah. Tradisi ini berubah setelah Raja Salman memerintahkan penggantian kiswah tiap awal tahun baru Hijriah.