Selasa 09 Jul 2024 15:18 WIB

Gubernur Paman Birin dan Acil Odah Terkesan Kreativitas BPBD Kalsel

Salah satu SKPD yang kreatif memanfaatkan momen kegiatan turun ke desa.

Red: Lida Puspaningtyas
Kegiatan turun ke desa (Turdes) dalam rangka menjemput aspirasi rakyat oleh Gubernur H Sahbirin Noor bersama Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Selasa Hj Raudautul Jannah.
Foto: Dokumen
Kegiatan turun ke desa (Turdes) dalam rangka menjemput aspirasi rakyat oleh Gubernur H Sahbirin Noor bersama Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Selasa Hj Raudautul Jannah.

REPUBLIKA.CO.ID, BANJARMASIN -- Kegiatan turun ke desa (Turdes) dalam rangka menjemput aspirasi rakyat oleh Gubernur H Sahbirin Noor bersama Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Selasa Hj Raudatul Jannah atau Acil Odah disambut hangat masyarakat dan Sabtu 6 Juli 2024, malam kemarin resmi berakhir.

Namun catatan kenangan dan apresiasi sampai hari ini terus melekat di hati masyarakat dan peserta. Kegiatan penuh makna kebersamaan tersebut terbukti berhasil merekatkan silaturahmi antara kepala daerah, Ketua TP PKK, Forkopimda dan masyarakat.

Baca Juga

Beragam apresiasi dan harapan disampaikan masyarakat secara langsung saat bertemu Gubernur Paman Birin dan Acil Odah. Harapan itu berupa usulan perbaikan ruas jalan desa, bantuan perbaikan masjid dan mushala serta aspirasi peningkatan pelayanan publik.

Beragam aspirasi dan apresiasi masyarakat tersebut disikapi bijaksana oleh Paman Birin dan Acil Odah. Bagi Gubernur Paman Birin dan Ketua PKK Kalsel Acil Odah ternyata memiliki catatan kesan mendalam dari kegiatan turdes selama enam hari itu.

"Pertama atas nama gubernur dan pribadi saya sangat berterima kasih kepada segenap komponen masyarakat atas sambutan luar biasa saat menyambut rombongan kami," kenang Paman Birin Selasa (10/1/2024).

Demikian pula kepada seluruh peserta turdes juga sangat luar biasa atas kebersamaan memgikuti kegiatan turdes hingga selesai. Dicontohkan Paman Birin, salah satu SKPD yang kreatif memanfaatkan momen kegiatan turun ke desa adalah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalsel.

Menurut Paman Birin, berdasarkan pengamatan dirinya, BPBD kreatif memanfaatkan kegiatan turdes yang dikuti sekitar 750 orang peserta. Kreativitas instansi di bawah kepemimpinan Raden Suria Fadliansyah bisa dilihat dari sosialisasi pencegahan dan penaggulangan bencana melalui program Komunikasi Informasi Edukasi (KIE),

Contoh kreatif sederhana namun berkesan, sebut gubernur antara lain memasang informasi mobile mitigasi bencana berupa neon box pada bagian belakamg motor. Demikian pula operasional mobil satelit komunikasi pada titik titik pertemuan dengan masyarakat di samping sajian cepat pemberitaan terkait mitigasi bencana.

Hal serupa juga diutarakan Ketua TP PKK Provinsi Kalsel Hj Raudatul Jannah. Acil Odah mengungkapkan terkesannya saat dimulai kegiatan turun ke desa atau pada saat acara pembukaan.

"Kren dan menarik," tutur Acil Odah saat melihat secara dekat motor Tim BPBD Kalsel sebelum star turdes.

photo
BPBD memanfaatkan kegiatan turdes yang dikuti sekitar 750 orang peserta. - (Dokumen)

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement