Selasa 09 Jul 2024 16:57 WIB

Survei Kaesang Tinggi di Jateng, PSI: Masyarakat Ingin Sosok Baru

Selama ini Jateng dikenal sebagai wilayah yang memiliki basis pemilih yang kritis.

Rep: Bayu Adji Prihanmmanda/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Umum DPP PSI Kaesang Pangarep saat menyambangi di kantor DPP PKS, Jakarta Pusat, Senin (8/7/2024).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ketua Umum DPP PSI Kaesang Pangarep saat menyambangi di kantor DPP PKS, Jakarta Pusat, Senin (8/7/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah survei menempatkan nama Kaesang Pangarep di urutan teratas sebagai calon gubernur Jawa Tengah (cagub Jateng). Bahkan, elektabilitas ketua umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) itu melebihi Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi, yang disebut-sebut sebagai figur terkuat di Jateng saat ini.

Wakil Ketua Umum DPP PSI Andy Budiman mengatakan, tingginya elektabilitas Kaesang di Jateng bukan semata efek kedekatannya sebagai putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurut dia, hasil survei itu juga menunjukkan memang masyarakat di Jateng ingin adanya sosok baru.

Baca Juga

"Saya pikir bukan hanya memperlihatkan dukungan kepada Pak Jokowi saja, tapi ada kerinduan dari masyarakat akan hadirnya sosok sosok baru dalam politik," kata Andy di Kantor DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Senin (8/7/2024).

Menurut dia, selama ini Jateng dikenal sebagai wilayah yang memiliki basis pemilih yang kritis. Jateng juga dikenal sebagai salah satu daerah yang memasok pemimpin di tingkat nasional. Andy pun senang ada kader PSI yang memiliki elektabilitas tinggi.

"Saya pikir itu membuktikan kualitas pemilih di Jateng itu cerdas pemilih yang kritis. Kalau mereka mendukung satu kandidat dan dalam hal ini mas Kaesang, itu adalah suatu kebanggan kehormatan bagi PSI," ujar Andy.

Kendati demikian, hingga kini Kaesang masih belum memutuskan langkah politik yang akan diambilnya. Dia masih menimbang segala kemungkinan yang ada, apakah maju di DKI Jakarta atau Jateng. "Mengenai saya tadi, Jakarta atau Jawa Tengah, sabar," kata Kaesang. 

 

Bayu Adji P 

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement