Rabu 10 Jul 2024 07:33 WIB

Prancis Gagal ke Final Euro 2024, Deschamps: Tanggung Jawab Ada di Tangan Saya

Prancis takluk 1-2 dari SPanyol di semifinal Euro 2024.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pemain Prancis Kylian Mbappe.
Foto: AP Photo/Hassan Ammar
Pemain Prancis Kylian Mbappe.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kylian Mbappe mengambil risiko bermain tanpa topeng pelindung hidungnya pada semifinal Euro 2024. Namun itu belum cukup untuk mengantarkan Prancis ke final. Les Bleus takluk 1-2 dari Prancis pada laga semifinal di Allianz Arena, Rabu (10/7/2024) pagi WIB.

Mbappe sempat mengemas satu assist untuk gol pembuka Prancis yang dicetak Randal Kolo Muani pada menit kedelapan. Namun setelah itu ia tak bisa berbuat banyak membongkar pertahanan Spanyol.

Baca Juga

Kapten Prancis itu dikalahkan oleh sinar Lamine Yamal, remaja Muslim yang menorehkan rekor pencetak gol termuda dalam sejarah Piala Eropa, empat hari sebelum ulang tahunnya yang ke-17. Yamal menginspirasi kebangkitan Spanyol untuk mengalahkan Prancis.

Perjalanan Mbappe di Euro 2024 berakhir di sini. Ini merupakan turnamen yang mengecewakan bagi kapten Prancis yang bisa dibilang pemain terbaik dunia, diwarnai oleh patah hidung, kondisi kebugaran yang tak prima, serta performa buruk.

 

Dengan wakil kapten Antoine Griezmann juga gagal menunjukkan performa terbaiknya, Prancis selalu dalam keraguan. Terbukti akhirnya gaya permainan dan keberuntungan tim Ayam Jantan hanya bisa membawa mereka sampai di semifinal.

Pelatih Didier Deschamps tak mau membebankan kesalahan pada para pemainnya. Ia memikul tanggung jawab sendiri pada pihak yang ingin mengkritik timnya.

"Saya tidak akan memberikan tanggung jawab kepada satu pemain lebih dari yang lain. Tanggung jawab ada di tangan saya," kata Deschamps.

Ia mengajukan sejumlah alasan terkait kegagalan ini. Menurut Deschamp, faktor cedera Mbappe juga mempengaruhi.

“Ketika Anda mencapai semifinal dan menghadapi tim Spanyol dengan kualitas seperti itu, Anda harus berada dalam kondisi terbaik,” katanya, sebelum mengakui Mbappe tak berada dalam kondisi 100 persen.

Pemain berusia 25 tahun itu mengalami patah hidung pada pertandingan pembuka Prancis, saat menang 1-0 atas Austria pada 17 Juni, sehingga mengurangi peluang mereka sejak awal.

Dia menjadi penonton dalam hasil imbang 0-0 dengan Belanda, sebelum kembali mencetak gol penalti dalam hasil imbang 1-1 dengan Polandia.

 

Mbappe...

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement