Rabu 10 Jul 2024 15:26 WIB

Pebasket Mualaf Juara NBA Jaylen Brown ke Mekah untuk Ibadah Umroh

Jaylen umroh bersama rekannya di Celtics Tacko Fall.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Guard Boston Celtics Jaylen Brown.
Foto: AP Photo/Charles Krupa
Guard Boston Celtics Jaylen Brown.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bulan lalu, Jaylen Brown jadi buah bibir setelah meraih kesuksesan bersama Boston Celtics di Kompetisi NBA musim 2023/2024. Pemain kelahiran Atlanta, 24 Oktober 1996 ini sukses meraih gelar juara ke-18 NBA Sepanjang sejarah klub dengan mengalahkan Cleveland Cavaliers di seri final.

Bukan itu saja, pemain berpostur 198 cm ini dinobatkan sebagai pemain terbaik atau Most Valuable Player (MVP) Finals musim ini. Gelar tersebut layak didapat berkat penampilan yang gemilang dengan rerata 21 poin per game selama lima laga final ketika mengalahkan Dallas Mavericks 4-1.

Baca Juga

Selepas musim yang padat dan menguras tenaga, pemain bernomor tujuh ini mengecas kekuatan dengan melakukan perjalanan spiritual ke Mekah. Jaylen beribadah umroh.

Mungkin tak banyak yang mengetahui kalau Jaylen seorang muslim. Proses Jaylen masuk Islam atau mualafnya pemain berposisi guard ini tidak seramai ketika Kyrie Irving memtuskan hal serupa. Keduanya memeluk Islam pada tahun yang sama, yakni 2021.

Setelah mualaf, Jaylen berusaha menjadi seorang muslim yang taat. Tahun ini,, dia tetap menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan di sela-sela membela Celtics. Sama seperti yang dilakukan Irving di tengah kewajiban membela Cavaliers.

Kini, setelah sukses menuntaskan dahaga juara Celtics selama 16 tahun, Jaylen pun mengungkapkan rasa syukurnya dengan menjalankan ibadah umroh ke Mekah dan juga mengunjungi Madinah.

Setelah para jemaah haji sebagain besar meninggalkan dua kota suci di Arab Saudi, Jaylen bersama mantan rekannya di Celtics yang juga seorang muslim Tacko Fall menikmati perjalanan spiritualnya di dua kota suci tersebut.

Dalam unggahan di media sosial miliknya, Jaylen memposting foto dan video suasana di Masjidil Haram dan tentu saja Kabah yang menjadi kiblat sholat umat Islam sedunia. Sembari menulis "Tempat Berkat Ilahi".

Unggahan tersebut mendapat like lebih dari 125 ribu followernya serta mendoakan ibadah umrohnya diterima Allah. Ada juga yang mendoakan agar Kyrie Irving segera menyusul untuk melakukan ibadah umroh ke Mekah dan mengunjungi Madinah.

Menikmati ibadah puasa

Jaylen terus berprestasi selama menjalankan ibadah Ramadan. Dia mengatakan tidak merasa kesulitan sama sekali walau harus menahan haus dan lapar saat bermain basket dengan tempo yang cepat.

Brown mengatakan kepada para reporter setelah kemenangan Celtics beberapa waktu lalu bahwa ia menikmati menjalankan ibadah Ramadan selama dua pekan terakhir.

"Ini adalah waktu yang luar biasa sepanjang tahun. Ada banyak orang di seluruh dunia yang berpartisipasi, dan saya hanyalah salah satu dari orang-orang yang ikut serta," kata Brown. "Ini adalah bulan yang luar biasa untuk dirayakan. Ini adalah tentang kekuatan Anda, fokus Anda."

Jaylen juga mengatakan bahwa partisipasinya di bulan Ramadan berakar dari komunitas.

"Menerima kejelasan itu adalah sesuatu yang saya nikmati selama bertahun-tahun, tapi itu juga sesuatu yang tidak selalu saya lakukan untuk diri saya sendiri," katanya. "Semua orang melakukan ini bersama-sama, jadi saya sangat menghargai hal tersebut."

Sejak Ramadan dimulai pada 10 Maret, Jaylen telah mencatatkan rata-rata 29,8 poin dan 6 rebound per pertandingan. Dalam rentang waktu tersebut, ia telah menembakkan 53.8% dan 40% dari tiga angka, sambil membantu memimpin Celtics meraih lima kemenangan.

Beberapa pemain NBA terkemuka telah menjalankan ibadah Ramadan dan terus tampil di level yang tinggi, dengan Hakeem Olajuwon dan Kyrie Irving yang menjadi contohnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Energy Shifter (@fchwpo)

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement