Kamis 11 Jul 2024 01:23 WIB

Aplikasi Menara Masjid Baznas Picu Digitalisasi Tata Kelola UPZ Masjid

Aplikasi Menara Masjid dihadirkan untuk mempermudah kinerja Baznas mengelola ZIS.

Red: Gita Amanda
Aplikasi Menara Masjid yang diluncurkan oleh Baznas RI menjadi solusi untuk memicu digitalisasi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang ada di masjid-masjid di seluruh Indonesia. (ilustrasi)
Foto: blogspot.com
Aplikasi Menara Masjid yang diluncurkan oleh Baznas RI menjadi solusi untuk memicu digitalisasi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang ada di masjid-masjid di seluruh Indonesia. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aplikasi Menara Masjid yang diluncurkan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI menjadi solusi untuk memicu digitalisasi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang ada di masjid-masjid di seluruh Indonesia.

Pimpinan Baznas RI Bidang Transformasi Digital Nasional Nadratuzzaman Hosen melalui keterangan di Jakarta, Rabu mengatakan aplikasi Menara Masjid tidak hanya sekadar pengelolaan manajemen masjid, tetapi juga untuk memaksimalkan dakwah Islam secara digital. "Harapannya dengan kita sadar di era digitalisasi sekarang, dakwah Islam tidak hanya di lokasi saja tetapi dapat tersiarkan melalui dunia online," katanya.

Baca Juga

Aplikasi yang tersedia di Google Play Store secara gratis tersebut, kata Nadratuzzaman, dapat membantu kebutuhan petugas, pengurus, dan marbot musala serta masjid dalam memudahkan pelaporan, pencatatan, dan pengelolaan dana masjid serta Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) UPZ Masjid.

Selain itu, sambungnya, aplikasi tersebut juga memiliki sejumlah fitur yang dapat memudahkan pengguna di seluruh Indonesia untuk mendapatkan pemahaman agama Islam dan dakwah zakat. "Di aplikasi Menara Masjid ini terdapat beragam fitur unggulan, seperti pencarian masjid atau musala terdekat, informasi mengenai majelis taklim, video kajian, dan beragam fitur lainnya yang tentu bermanfaat untuk umat," jelasnya.