Rabu 10 Jul 2024 17:11 WIB

Beda Teori Evolusi Darwin dan Alquran Soal Penciptaan Manusia, Lebih Masuk Akal Mana?

Tanah mengandung unsur-unsur yang diperlukan bagi kehidupan.

Red: A.Syalaby Ichsan
ilustrasi sperma
Foto: ABC News
ilustrasi sperma

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Teori asal usul manusia dinilai kerap menjadi topik diskusi  antara agama dan sains yang dipenuhi kontroversi. Terutama, sejak terbitnya buku On the Origin of Species, dengan sub-judul Survival of the Fittest by Means of Natural Selection, karya Charles Darwin pada tahun 1859.

Buku inilah yang memunculkan Filsafat Darwin tentang seleksi alam bagi kelangsungan makhluk hidup. Buku tersebut menjelaskan makhluk hidup selalu berkembang dari bentuk yang paling sederhana, yaitu makhluk bersel tunggal (uniseluler) menjadi makhluk yang bersel banyak (multiseluler) alias makhluk tingkat tinggi, melalui suatu perjuangan panjang melawan lingkungan. Mereka yang dapat beradaptasi dengan lingkungannya yang akan dapat melangsungkan kehidupannya dan berkembang ke arah kesempurnaan struktural.

Baca Juga

Filsafat Darwin, yang kemudian diterima masuk dalam dunia Ilmu Biologi, terus berkembang sehingga lebih dikenal dengan Teori Evolusi atau Teori Darwin. Teori ini pun mendapat tentangan dari para agamawan, utamanya dari agama-agama samawi: Yahudi, Kristiani, dan Islam, karena cenderung menegasikan Tuhan. Di sisi yang lain, teori ini diterima secara baik oleh dunia ilmu pengetahuan sekuler.

photo
Charles Darwin - (.)

Dalam Kisah Para Nabi Pra Ibrahim dalam Perspektif Alquran dan Sains, Alqur'an berbicara tentang penciptaan manusia atau Adam sebagai manusia pertama di dunia. Perhatikan beberapa ayat-ayat berikut!