Rabu 10 Jul 2024 22:32 WIB

Diisukan Jadi Menteri, Emil Ingin Fokus Dampingi Khofifah di Jatim

Partai Demokrat mendukung pasangan Khofifah-Emil pada Pilgub Jatim 2024.

Rep: Bayu Adji Prihammanda / Red: Erik Purnama Putra
Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur (Jatim), Emil Elistianto Dardak.
Foto: Republika.co.id
Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur (Jatim), Emil Elistianto Dardak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur (Jatim), Emil Elistianto Dardak kerap diisukan akan dijadikan menteri dalam kabinet Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Apalagi, Emil sempat ditunjuk menjadi juru bicara oleh Wakil Presiden Terpilih Gibran pada masa kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Meski begitu, Emil mengaku akan fokus untuk mendampingi Khofifah Indar Parawansa apabila menang pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2024. Dia sudah diajak untuk maju berpasangan untuk memimpin periode kedua Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim pada 2024-2029.

Baca: Mengenal Ajudan Menteri AHY dari Kostrad, Lettu Inf Pandu Qisti

"Saya rasa sudah terjawab dengan sendirinya bahwa fokus dari ikhtiar pengabdian saya dan juga amanah dari Ketua Umum Saya Bapak AHY adalah untuk kembali mendampingi Ibu Khofifah," kata Emil saat ditemui di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta Pusat, Rabu (10/7/2024).

Emil mengatakan, keputusan untuk menentukan menteri yang masuk kabinet sepenuhnya merupakan hak prerogatif Presiden Terpilih Prabowo. Namun, di sisi lain Partai Gerindra yang juga dipimpin oleh Prabowo, telah memberikan rekomendasi kepadanya untuk berpasangan dengan Khofifah maju Pilgub Jatim.

Baca: Menteri AHY Beri Selamat Ajudannya Naik Pangkat AKP Imam Fadhil

Karena itu, Emil ingin fokus meneruskan ikhtiar dan prestasi yang selama ini telah dilakukan di Jatim. Wakil gubernur Jatim periode 2019-2024 tersebut menegaskan, akan berupaya untuk menyejahterakan dan mengabdikan diri kepada masyarakat Jatim apabila terpilih untuk masa jabatan kedua.

Pasangan Khofifah-Emil telah mendapatkan rekomendasi dari Partai Demokrat untuk maju di Pilgub Jatim. Rekomendasi itu diberikan langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Partai Demokrat dengan penuh rasa bangga dan penuh kehormatan, memberikan dukungan penuh sekaligus surat rekomendasi kepada Ibu Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak sebagai pasangan cagub-cawagub Provinsi Jatim periode 2024-2029," kata AHY.

Baca: Asisten Ajudan Presiden Jokowi Luncurkan Buku 'Jatuh untuk Melaju'

Selain Demokrat, Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), dan Perindo. Adapun tersisa dua partai pemenang Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 di Jatim yang belum memutuskan dukungan, yaitu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) plus Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement