Kamis 11 Jul 2024 10:26 WIB

Playoff IBL 2024 Hari Ini, Satria Muda dan Kesatria Bengawan Solo Sama-Sama Pede Menang

Satria Muda meladeni Kesatria Bengawan Solo di Britama Arena, Jakarta Utara.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Laga Satria Muda Pertamina melawan Kesatria Bengawan Solo di regular season IBL 2024 (ilustrasi).
Foto: IBL/Ariya Kurniawan
Laga Satria Muda Pertamina melawan Kesatria Bengawan Solo di regular season IBL 2024 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hanya tinggal hitungan jam saja playoff IBL 2024 akan digelar. Delapan tim teratas dari 14 tim yang berkompetisi musim ini akan saling berhadapan dalam format best of three dan kandang-tandang ini.

Pimpinan klasemen Dewa United Banten (22-4) akan menghadapi peringkat delapan Borneo Hornbills Bogor (11-15). Pelita Jaya Jakarta (21-5) posisi kedua akan bertemu peringkat tujuh Bali United (13-13). Laga ini akan digelar mulai 18 Juli 2024.

Baca Juga

Duel lainnya terjadi antara peringkat ketiga Prawira Bandung (21-5) melawan posisi enam RANS Simba Bogor (16-10). Serta duel yang diperkirakan bakal panas yakni antara peringkat empat Kesatria Bengawan Solo (KBS) (19-7) di tantang Satria Muda Pertamina Jakarta (19-7). Kedua game ini akan digelar Kamis (11/7/2024) malam ini.

Tim peringkat lebih rendah akan menjadi tuan rumah terlebih dahulu, artinya Satria Muda akan menjadi tuan rumah terlebih dahulu jam 20.00 WIB. Laga berikutnya di kandang tim yang lebih tinggi. SM akan bertandang ke markas KBS di Sritex Arena Solo Jawa Tengah yakni pada Ahad (14/7/2024), jika skor imbang, duel akan berlanjut ke gim ketiga Senin (15/7/2024).

Satria Muda dan KBS sama-sama optimistis dapat memenangkan pertandingan pada babak playoff IBL. Satria Muda kalah dua kali melawan KBS dengan skor 66-69 dan 83-94, tapi tetap pede karena dalam 10 laga terakhir tak terkalahkan. Sedangkan KBS optimistis bisa mengulangi hasil pada babak reguler.

Pelatih kepala Satria Muda Youbel Sondakh menyatakan timnya sudah siap tempur. Seluruh pemain sudah tidak ada masalah siap jika dimainkan pada malam ini di Britama Arena, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Termasuk Ali Bagir dan Widyanta Putra Teja yang dalam laga terakhir SM tidak masuk roster karena sedang tidak fit. "Semua pemain sudah siap tempur," ujarnya.

Kekalahan 0-2 di babak reguler dan 10 kemenangan beruntun di laga terakhir menjadi motivasi lebih bagi Satria untuk membalasnya sekaligus melanjutkan langkah menuju juara.

Youbel memuji lawannya yang selalu tampil 100 persen saat bermain. Ia menekankan aspek jaga bantu bagi para pemain asing KBS yang menonjol. "Mereka kuat, bermain 100 persen di setiap laga, bermain dengan hati. Kami tidak boleh kalah dari sisi itunya. Mereka ada pemain baru juga yang mengubah kekuatan mereka pastinya," ujar Youbel.

Selain pemain asingnya, Youbel mencermati barisan pemain lokal yang semakin merata sebaran poinnya. Ia sudah menyiapkan timnya untuk menghadapi berbagai kemungkinan yang dihadirkan KBS di lapangan.

Sementara pelatih kepala KBS Efri Meldi menyatakan, timnya sudah berada di Jakarta sejak Selasa (9/7/2024) selepas melakoni laga lanjutan melawan Prawira. Efri ingin para pemainnya mendapatkan istirahat yang cukup agar siap menghadapi Satria Muda.

Namun, menurut dia, kekuatan KBS tidak seratus persen karena ada beberapa yang cedera. "Kondisi pemain Kentrel Barkley cedera dan Ferdian juga cedera. Lawan SM nanti Kentrel tak bisa main," ungkapnya.

 

Pelatih...

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement