Kamis 11 Jul 2024 15:21 WIB

HUT RI di IKN: Akhir Juli Sebagian Besar Siap Digunakan

Pembangunan kantor Presiden, realisasinya sudah 88,54 persen.

Rep: Frederikus Bata  / Red: Lida Puspaningtyas
Gedung IKN
Foto: Dok Biro SDM dan Humas Otorita IKN
Gedung IKN

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus berproses membangun Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Isu yang sedang hangat dibahas adalah bagaimana kesiapan sarana dan prasarana di IKN menuju perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-79 di sana.

Ketua Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR, Imam S Ernawi menjelaskan beberapa lini yang fokus dipersiapkan menuju gelaran HUT RI pada 17 Agustus 2024 ini. Paling utama adalah kantor-kantor pemerintahan, kemudian penataan kawasan, lalu pembangunan yang sifatnya hunian/perumahan.

Baca Juga

Berlanjut ke konektivitas di kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) juga jalur menuju ke KIPP itu atau regional. Masih ada sumber daya air dan drainase perkotaan. Terakhir air minum dan sanitas.

"Sebetulnya yang menjadi fokus menuju perayaan tanggal 17 Agustus (2024) nanti adalah Istana Presiden," kata Imam dalam konferensi pers scara daring, Kamis (11/7/2024).

Dari kantor pemerintahan, terbagi beberapa sektor. Pertama Kawasan Istana Presiden. Di sektor ini terbagi lagi, pertama Istana Negara dan Lapangan Upacara. Data PUPR menunjukkan, hingga 4 Juli 2024, realisasi pembangunan Istana Negara dan lapangan Upacara sudah 82,73 persen. Dalam perencanaan, pada awal Juli berada di angka 74,74 persen. Artinya ada deviasi +7,99 prsen.

"Istana negara, pada Akhir Juli sebagian besar ruangannya akan fungsional. Lapangan upacara sudah bisa. Podium sudah selesai dan sudah berfungsi, siap digunakan untuk upacara. Kapasitasnya cukup banyak 8000-an," ujar Imam.

Lalu pembangunan kantor Presiden, realisasinya sudah 88,54 persen. Rencana awalnya, pada tanggal 4 Juli 2024 berada di angka 88,18 persen. Artinya ada deviasi +0,37 persen.

Kemudian Sekretariat Presiden dan Bangunan Pendukung. Realisasinya sudah 92,31 persen. Rencana awalnya pada awal Juli 2024, berada di angka 92,27 persen. Ada deviasi +0,04 persen.

"Kalau untuk fungsional, menuju target upacara Agustusan. Mulai dari Istana dan lapangan upacara, kemudian kantor Presiden. Juli ini kita selesaikan, dan sebagainya," kata Imam

Berlanjut ke empat kompleks bangunan Kementerian Koordinator. Dimulai dari Kemenko 1. Juli ini bisa berfungsi. Ada empat tower bangunan. Kurang lebih 519 ASN bisa berkantor di sana.

Data PUPR menunjukkan realisasinya 78,90 persen pada 4 Juli 2024. Itu melebih rencana awal yang berada di angka 67,32 persen di awal bulan ini. Ada deviasi +11, 58 persen.

Belum semua selesai. Tower pertama akan fungsional tiga lantai. Tower dua (fungsional) tiga lantai. Tower tiga, lantai. Tower empat, tiga lantai. Sampai dengan Juli ini kita selesaikan," ujar Imam.

Berlanjut ke Kemenko 2, Kemenko 3, dan Kemenko 4, yang saat ini juga sedang berproses pengerjaannya. "Karena ngantornya September, maka nantinya di bulan September akan lebih baik. Saat ini, kita mengatur untuk target ekosistem bulan Agustus," tutur Imam, menambahkan.

Ada beberapa bangunan di kantor Kemenko yang bisa digunakan untuk bertemu tamu-tamu VVIP. Ini hanya khsusus di Kemenko 1 dan 3. Pasalnya dua kompleks bangunan tersebut lebih dekat dengan Istana Presiden, dibandingkan Kemenko 3, dan 4.

Berlanjut ke Kementerian Sekretariat Negara. Itu ada beberapa bangunan penting di sana. Ada mess Paspamres, gedung Pemadam Kebakaran, dan gedung Sekretariat Presiden sendiri.

Staf Khusus Bidang Komunikasi Publik/Juru Bicara Otorota Ibu Kota Nusantara (OIKN), Troy Pantouw juga berbicara mengenai hal ini. Troy mengatakan saat ini sedang tahapan finalisasi beberapa infrastruktur pendukung di lini vital IKN. Khususnya yang berkaitan dengan perayaan HUT ke-17 RI

"Kami optimistis untuk sarana dan pra-sarananya sebelum acara peringatan HUT Kemerdekaan sudah siap," ujar Jubir OIKN ini kepada Republika.co.id, Rabu (10/7/2024).

Dalam sebuah siaran pers OIKN, Pemerintah terus berkomitmen dalam menyiapkan berbagai sarana dan prasarana untuk pelaksanaan HUT RI ke-79 di IKN tersebyt. Salah satu aspek utama yang menjadi perhatian adalah kesiapan lapangan upacara. Pembangunan sarana ini ditargetkan selesai dalam waktu dekat.

Pembangunan lapangan upacara yang merupakan pusat dari perayaan HUT Kemerdekaan telah memasuki tahap akhir. Pemerintah terus mempercepat pembangunan demi memastikan seluruh fasilitas dan infrastruktur pendukung dapat siap mendukung terlaksananya upacara di IKN

"Pemerintah di bawah koordinasi Kementerian PUPR berupaya semaksimal mungkin untuk menyelesaikan seluruh persiapan Upacara Kemerdekaan dengan baik. Tahap finalisasi pembangunan gedung Istana Negara dan Lapangan Upacara pada Kawasan Istana Kepresidenan di IKN tengah dilakukan untuk memastikan infrastruktur siap digunakan," kata Plt. Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Raja Juli Antoni.

Dengan realisasi pembangunan lapangan upacara yang baik tersebut, ia optimistis Upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79 di IKN dapat terlaksana dengan lancar. Artinya proyek yang sedang dikerjakan dapat siap tepat waktu. Kemudian dengan kualitas yang baik.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement