Jumat 12 Jul 2024 14:50 WIB

Mantan Wakil PM Israel Ramalkan Negara Zionis Bubar pada 2026

Kehancuran Israel dipercepat tindakan sembrono pemerintahan Netanyahu.

Red: Fitriyan Zamzami
 Politikus senior Israel Avigdor Lieberman.
Foto:

Sementara Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengeluarkan salah satu kritikan paling pedas terhadap pemerintahan Israel saat ini. Menurutnya, dengan para pejabat saat ini tak punya jawaban atas solusi dua negara, satu-satunya jalan untuk menjamin keberlangsungan Israel.

“Saya mengenal Israel dengan baik dan saya mendukung Israel. Namun kabinet perang ini adalah salah satu kabinet perang paling konservatif dalam sejarah Israel. Dan tidak ada satupun jawaban mengenai solusi dua negara di sini,” kata Biden dalam pidato penutup KTT NATO di Washington, Jumat waktu setempat.

Ia juga menggambarkan pemerintahan Perdana Menteri Netanyahu “kurang kooperatif” dalam hal mengizinkan bantuan masuk ke Gaza, dan menambahkan bahwa perang Israel di wilayah Palestina “harus diakhiri sekarang”.

“Apa hari berikutnya di Gaza? Hari berikutnya di Gaza harus menjadi akhir. Akhir dari segalanya adalah tidak adanya pendudukan oleh Israel di Jalur Gaza, serta kemampuan bagi kami untuk mengakses, masuk dan keluar, secepat mungkin.”