Jumat 12 Jul 2024 17:23 WIB

Guru Besar UPI Ajak Masyarakat Majukan Kesenian Daerah

Kesenian dan budaya daerah harus terjaga agar tidak tergerus oleh pengaruh asing

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Pertunjukan musikal Dari Pancaniti ke Ceurik Oma
Foto: Dok Republika
Pertunjukan musikal Dari Pancaniti ke Ceurik Oma

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG----Guru besar program paacasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Prof Yus Rusyana mengajak masyarakat Indonesia untuk memajukan kesenian daerah masing-masing. Ia berharap kesenian dan budaya daerah yang beragam tidak tergerus oleh pengaruh asing.

"Kita hendaknya terus memajukan seni budaya bangsa sendiri, jangan sampai kita terdesak oleh pengaruh asing,” ujar Prof Yus saat menonton pertunjukan musikal Dari Pancaniti ke Ceurik Oma belum lama ini.

Baca Juga

Ia menuturkan salah satu cara memajukan kesenian daerah dengan melakukan pembaruan. Namun, tetap bertumpu kepada tradisi yang dimiliki daerah masing-masing serta ditampilkan secara bermartabat.

Prof Yus melanjutkan kehadiran yayasan Kebudayaan Lokatmala Indonesia atau Lokatmalam Foundation mampu menghadirkan pertunjukan seni budaya dengan bermartabat. Ia melihat pertunjukan musikal Dari Pancaniti ke Ceurik Oma bertumpu pada seni tembang, seni ibing Sunda dan senin dangdan (fashion) Sunda. Pertunjukan itu pun diapresiasi oleh masyarakat yang menonton.