Jumat 12 Jul 2024 19:35 WIB

Sarana Indo Energi Optimistis Kurangi Emisi dan Tingkatkan Ketahanan Energi di Indonesia

Tak hanya kurangi emisi, pemanfaatan gas suar juga bernilai ekonomi.

Red: Friska Yolandha
PT Sarana Indo Energi (SIE), sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha jasa pengolahan gas, pengembangan teknologi pengolahan dan optimalisasi proses, serta penjualan dan distribusi gas alam.
Foto: Dok Republika
PT Sarana Indo Energi (SIE), sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha jasa pengolahan gas, pengembangan teknologi pengolahan dan optimalisasi proses, serta penjualan dan distribusi gas alam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gas suar adalah gas yang ikut terproduksi dalam kegiatan produksi minyak bumi (crude oil). Banyak yang tidak menyangka bahwa gas suar ternyata memiliki potensi yang luar biasa, baik dari segi energi maupun ekonomi. 

Gas suar bakar adalah gas yang dihasilkan oleh kegiatan eksplorasi dan produksi atau pengolahan minyak atau gas bumi yang dibakar. Banyak kalangan awam menilai fungsinya selesai sampai di situ, padahal tidak. 

Baca Juga

Selama ini, pemanfaatan gas suar belum terlalu dikenal khalayak karena tidak dapat ditangani oleh fasilitas produksi atau pengolahan yang tepat. Gas suar yang dikelola dengan teknologi yang tepat menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi krisis energi dan pemanasan global.

Gas suar (flare gas) berkontribusi terhadap pengurangan emisi. Selama ini, flare gas yang dimanfaatkan selama proses produksi minyak dan gas biasanya dibakar untuk menghindari pelepasan langsung ke atmosfer. 

Di Indonesia, proses ini masih sering dilakukan, meskipun dampak lingkungan dan ekonominya sangat merugikan.

Kondisi tersebut dinilai sebagai peluang sekaligus tantangan oleh PT Sarana Indo Energi (SIE), sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha jasa pengolahan gas, pengembangan teknologi pengolahan dan optimalisasi proses, serta penjualan dan distribusi gas alam. PT SIE berpandangan bahwa masalah pemanasan global dan perubahan iklim dapat disiasati dengan teknologi pengolahan gas yang tepat. 

PT SIE menyadari bahwa tantangan perubahan iklim global menyebabkan semakin banyak negara yang beralih ke sumber energi ramah lingkungan guna mencapai keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dan pelestarian lingkungan. Peningkatan kebutuhan energi yang dipicu oleh pertumbuhan populasi dan pembangunan ekonomi telah menyebabkan lonjakan konsumsi energi global tiga kali lipat sejak tahun 1971.

Oleh karena itu, pengolahan dan pemanfaatan gas suar adalah langkah yang tepat sebagai salah satu alternatif transisi ke sumber energi terbarukan. Cita-cita tersebut senada dengan visi PT SIE, yakni menjadi perusahaan yang profesional, handal, dan terpercaya di bidang proses serta pendayagunaan gas alam di Indonesia dan menjadi salah satu perusahaan nasional terkemuka di Indonesia di bidang pengolahan gas alam, khususnya pemanfaatan flare gas. 

Dengan langkah membangun kemitraan strategis dengan berbagai pihak dalam mengembangkan kegiatan usaha di bidang niaga gas, PT SIE memberikan nilai tambah kepada pelanggan baik dari segi pelayanan maupun produk.

Latar belakang penggunaan....

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement