Jumat 12 Jul 2024 23:23 WIB

Pemkab Buleleng Terus Perkuat Kemitraan Komunikasi

Infopublik menjadi salah satu mitra strategis Pemkab Buleleng.

Red: Erdy Nasrul
Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Buleleng, Gede Sugiartha Widiada
Foto: Buleleng
Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Buleleng, Gede Sugiartha Widiada

REPUBLIKA.CO.ID, BULELENG -- Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Buleleng, Gede Sugiartha Widiada, berharap kemitraan yang telah dibangun antara Pemerintah Kabupaten Buleleng dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika terus diperkuat.

Kerja sama itu mampu memberikan warna, pilihan bacaan sekaligus wahana mempromosikan potensi-potensi di daerah.

Baca Juga

Hal tersebut disampaikan Gede Sugiartha saat mewakili Penjabat (Pj) Bupati Buleleng dalam kegiatan Jadi Pintar Bareng Kominfo Newsroom (Jarkom) bertajuk “Meracik Berita ala InfoPublik,” di Kabupaten Buleleng Bali, Kamis (11/7/2024).

“Kita harus mengambil peran. Tata kelola komunikasi publik di Buleleng dan Indonesia secara luas harus semakin mencerdaskan masyarakat dengan berita-berita positif yang membangun dan mencerdaskan. Kehadiran InfoPublik.id secara luas membantu kami bukan hanya sebagai wadah tapi sekaligus pembimbing kami untuk terus menjadi lebih baik,” katanya.

Gede Sugiartha Widiada pun menekankan pentingnya peran media khususnya InfoPublik dalam menyampaikan informasi yang akurat, objektif, dan membangun. "Kami sangat menghargai kerja sama yang telah terjalin dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Portal Berita InfoPublik.id. Kami berharap kemitraan ini dapat terus diperkuat agar tata kelola komunikasi publik semakin baik dan masyarakat makin tercerdaskan dengan berita-berita positif yang membangun bangsa," ujarnya.

Hadirnya portal berita seperti InfoPublik.id diakuinya memudahkan masyarakat di Kabupaten Buleleng untuk mengakses informasi sekaligus terlibat menyebarkanluaskannya. Ini sejalan dengan upaya Pemerintah Kabupaten Buleleng untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pemerintahan.

"Pemerintah Kabupaten Buleleng berkomitmen untuk terus bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk Kementerian Komunikasi dan Informatika, dalam rangka meningkatkan kualitas komunikasi publik. Kami percaya bahwa dengan informasi yang tepat dan bermanfaat, masyarakat akan lebih cerdas dan dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan daerah," tambahnya.

Gede Sugiartha Widiada pun mengajak seluruh elemen masyarakat di wilayahnya untuk memanfaatkan Portal Berita InfoPublik.id sebagai sumber informasi utama yang dapat dipercaya. Dengan demikian, masyarakat dapat terhindar dari berita hoaks dan informasi yang menyesatkan.

"Kami mengajak seluruh masyarakat Buleleng untuk selalu memeriksa kebenaran informasi sebelum menyebarkannya. Mari kita bersama-sama menciptakan lingkungan informasi yang sehat dan positif," pungkasnya.

Sementara saat yang sama Direktur Pengelolaan Media Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Nursodik Gunarjo mengungkapkan bahwa Kementerian Kominfo dalam hal ini Ditjen IKP terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas pengelola informasi dalam jaringan Portal Berita InfoPublik.

“Pemilihan Buleleng sebagai lokasi Jarkom pun karena kabupaten ini jadi salah satu jaringan dan mitra InfoPublik yang aktif dan berprestasi dalam tata kelola komunikasi dan informasi khususnya melalui jaringan Kominfo Newsroom,” katanya.

Ada tiga tujuan utama dari seri-seri Jarkom yang digelar, yakni mendapatkan keterampilan (skilling), melatih kembali sebuah keterampilan (reskilling), dan meningkatkan sebuah keterampilan (upskilling). Ketiga hal tersebut harus dimiliki oleh seorang jurnalis atau atau untuk mitra InfoPublik kami sebut sebagai pejuang informasi,” katanya.

Skilling adalah membentuk dari yang semula tidak bisa menjadi bisa. Reskilling adalah mengingat kembali dari yang lupa menjadi bisa dan menyesuaikan perkembangan zaman. Sementara upskilling adalah sudah tahu dan bisa namun ada ilmu baru yang didapatkan.

Diharapkan, melalui Jarkom seri Buleleng bermanfaat bagi para petugas pengelola Media Center Daerah sekaligus meningkatkan kemampuan menghasilkan berita positif dalam jaringan InfoPublik.

Jarkom seri Buleleng dihadiri 100 peserta yang merupakan pengelola komunikasi dari seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Bali.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement