Sabtu 13 Jul 2024 17:08 WIB

Hanung Angkat Kisah Dukun Seksual di Gowok Kamasutra Jawa

Keberadaan dukun Gowok sudah ada sejak tahun 1400-an.

Red: Indira Rezkisari
Sutradara film Hanung Bramantyo.
Foto: Surya Dinata/RepublikaTV
Sutradara film Hanung Bramantyo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sutradara Hanung Bramantyo tengah menggarap proyek film terbarunya bertajuk Gowok Kamasutra Jawa. Film mengangkat kisah fenomena dukun seksual dalam masyarakat Jawa.

Hanung menjelaskan tema cerita dari film ini mengambil referensi dari salah satu naskah dalam kesusastraan Jawa berjudul Serat Centhini. Film "Gowok Kamasutra Jawa" menonjolkan aspek pendidikan seksual yang menjadi salah satu bahasan dalam naskah tersebut.

Baca Juga

"Jadi kalau dibilang bahwa ini film tentang (Serat) Centhini iya, tapi bukan soal Centhini-nya seutuhnya. Kita ambil part ketika mengajarkan soal pendidikan seksual," kata Hanung saat ditemui di lokasi syuting di Yogyakarta, beberapa waktu lalu.

Hanung menjelaskan keberadaan dukun seksual yang disebut sebagai Gowok sudah ada sejak tahun 1400-an. "Jadi era 1400-an gitu, Laksamana Cheng Ho itu punya hubungan dengan raja-raja Jawa dan dia membawa seorang perempuan bernama Goo Wok Niang, itu bertugas mengajari para bangsawan terutama raja," kata Hanung.

"Pada saat itu raja kan istrinya banyak, nggak cuma empat ada yang 10 bahkan 12. Nah, gowok ini mengajari si raja ini memuaskan perempuan," paparnya.

Melalui film Gowok Kamasutra Jawa, Hanung ingin menyampaikan peran suami perihal kepuasan dalam hubungan suami-istri yang bisa berpengaruh terhadap keharmonisan rumah tangga. "Buat saya ini make sense dan ini nggak pernah diinformasikan oleh masyarakat luas," katanya.

Film Gowok Kamasutra Jawa dibintangi oleh Reza Rahadian, Raihaanun, Lola Amaria, Ali Fikry, Nayla Purnama, dan lainnya. Film yang digarap Hanung bersama rumah produksi MVP Pictures ini dijadwalkan bakal tayang di bioskop pada tahun 2025 mendatang.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement