Sabtu 13 Jul 2024 16:35 WIB

Kapolres: Perputaran Uang Narkoba di Kampung Muara Bahari Besar

Polisi menemukan mesin penghitung uang saat razia narkoba di Kampung Muara Bahari.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Polres Metro Jakarta Utara (Kapolrestro Jakut), Kombes Gidion Arif Setyawan.
Foto: Dok Humas Polri
Kepala Polres Metro Jakarta Utara (Kapolrestro Jakut), Kombes Gidion Arif Setyawan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polres Metro Jakarta Utara (Polrestro Jakut) menemukan mesin penghitung uang saat razia narkoba di Kampung Muara Bahari, Kecamatan Tanjung Priok pada Sabtu (13/7/2024) pagi WIB. Kapolrestro Jakut, Kombes Gidion Arif Setyawan mensinyalir, temuan alat itu mengindikasikan perputaran uang hasil penyalahgunaan narkoba di lokasi cukup besar.

"Perputaran uang hasil penyalahgunaan narkoba di Kampung Muara Bahari terlihat cukup besar dengan adanya mesin hitung uang yang ditemukan penyidik," katanya dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu.

Baca Juga

Namun, Gidion belum bisa memastikan secara rinci terkait jumlah perputaran uang yang beredar di lokasi tersebut. "Saya belum sejauh itu ya, ini kan baru saja melakukan penangkapan, nanti pemeriksaan seperti apa," kata Gidion.

Adapun mesin penghitung uang ditemukan di salah satu rumah warga yang dicurigai sebagai pengedar. "Kalau informasi yang beredar, saya juga tidak bisa menghitung, silakan kalau ada pegiat yang menghitung peredaran uang dari hasil narkoba di Kampung Muara Bahari," ucap Gidion.

Dia menyampaikan, penyidik masih menganalisis terkait hasil razia besar-besaran di Kampung Muara Bahari. "Coba nanti kita lihat, circle-nya kan. Kalau peristiwa kriminalitas itu circle-nya itu saja ya kan, tindak pidana, hasil tindak pidana digunakan untuk melakukan tindak pidana yang lain. Itu-itu saja, kita dalami," ucap Gidion.

Baca: Menteri AHY Beri Selamat Ajudannya Naik Pangkat AKP Imam Fadhil

Tim gabungan Polrestro Jakut dan Polsek Tanjung Priok melakukan razia hingga menangkap 31 orang, terdiri 25 laki-laki dan enam perempuan saat penggerebekan di tiga lokasi yang berada di Kampung Muara Bahari pada Sabtu pagi. Razia itu dilakukan lantaran kawasan itu diduga merupakan pusat peredaran narkoba di Jakarta.

"Polres Metro Jakarta Utara melakukan penegakan hukum di lokasi Kampung Muara Bahari, Kecamatan Tanjung Priok, pada Sabtu pagi," kata Gidion yang menjelaskan sekitar 200 personel dikerahkan dalam razia tersebut.

Baca: Bakamla Fasilitasi 16 Nelayan Indonesia yang Ditangkap di Malaysia

Adapun razia digelar pada Sabtu mulai pukul 05.30 WIB dan kelar sekitar pukul 08.00 WIB. Berbagai barang bukti dibawa penyidik selain 31 orang, yang harus menjalani tes urine di Mapolrestro Jakut.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement