Sabtu 13 Jul 2024 01:31 WIB

Program Peremajaan Sawit Rakyat PTPN IV Regional I Lampaui Target

Dari target 500 hektare, manajemen mampu merealisasikan 744,93 hektare lahan.

Red: Budi Raharjo
PTPN Regional I Medan berhasil melampaui target Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) yang ditetapkan hingga Juli 2024. Dari target 500 hektare, manajemen mampu merealisasikan 744,93 ha lahan.
Foto: PTPN Group
PTPN Regional I Medan berhasil melampaui target Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) yang ditetapkan hingga Juli 2024. Dari target 500 hektare, manajemen mampu merealisasikan 744,93 ha lahan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PTPN Regional I Medan berhasil melampaui target Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) yang ditetapkan hingga Juli 2024. Dari target 500 hektare, manajemen mampu merealisasikan 744,93 ha lahan.

Region Head PTPN IV Regional I Medan, Ahmad Gusmar Harahap, mengatakan keberhasilan ini merupakan buah dari sinergi para pemangku kepentingan. Khususnya pada pelaksanaan bimtek atau sosialisasi PSR Pola Kemitraan kerja sama antara PTPN IV dengan Asosiasi Petani Kelapa Sawit PIR Indonesia (Aspekpir Indonesia).

Baca Juga

Gusmar mengatakan total realisasi PSR yang telah mendapat Rekomtek Dirjenbun dan pencairan dana seluas 744,93 hektare. Rinciannya seluas 496,68 ha sedang dilakukan pengolahan lahan untuk empat koperasi yaitu Koperasi Konsumen KUD Aek Raso, Koperasi Meranti Sawit Makmur, Koperasi Produsen Ika Sapatani, dan Koperasi Produsen Nahoda Agro Mandiri.

"Sedangkan untuk yang sudah realisasi penanaman adalah seluas 248,35 ha masing-masing untuk Gapoktan Aek Raso Maju Bersama, Poktan Pasir Tuntung Jaya, dan Koperasi Produsen Bilah Agro Mandiri," ujar Gusmas memaparkan dalam keterangan tertulisnya Jumat (13/7/2024).

Perkembangan realisasi PSR itu disampaikan Gusmar dalam rangkaian rapat kerja Board Of Regional Management dengan Direktur Hubungan Kelembagaan PTPN IV, Irwan Perangin-angin di Medan. "Ditargetkan bulan November 2024 akan selesai dilakukan penanaman keseluruhan Lembaga Pekebun yang telah Rekomtek seluas 744,93 ha," kata Gusmar menambahkan.

Kepala Bagian Sekretariat & Hukum PTPN IV Regional I, Christian Orchard Perangin-Angin, menyatakan keberhasilan peningkatan perekomonian masyarakat dalam program PSR ini menunjukkan bahwa perusahaan konsisten menjaga tata kelola sawit. Manajemen juga konsisten bersinergi dengan masyarakat sehingga kehadiran PTPN IV Regional I memiliki manfaat besar bagi masyarakat di sekitar perusahaan.

"Sekaligus juga membuktikan bahwa PTPN IV Regional I konsisten dan terus berupaya untuk mendorong perkembangan aspek sosial khususnya untuk komoditas perkebunan," ujar dia.

Kedepannya PTPN IV Regional I tetap konsisten mengembangkan PSR untuk kelompok petani, koperasi dan gabungan kelompok tani dengan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian dan Good Corporate Governance (GCG). Dengan begitu, ucapnya, tujuan peningkatan perekonomian masyarakat dalam bentuk program PSR dapat terlaksana dan memberi manfaat bagi masyarakat.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement