Sabtu 13 Jul 2024 18:37 WIB

NETA Buktikan Mobil Listrik Ternyata Aman Dikendarai Melewati Banjir, tapi...

Baterai yang digunakan V-II berasal dari Gotion yang telah teruji keamanannya

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
 PT NETA Auto Indonesia membuktikan bahwa mobil listrik NETA V-II tetap aman dikendarai pada kondisi genangan dan banjir.
Foto: Dok Republika
PT NETA Auto Indonesia membuktikan bahwa mobil listrik NETA V-II tetap aman dikendarai pada kondisi genangan dan banjir.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- PT NETA Auto Indonesia membuktikan bahwa mobil listrik NETA V-II tetap aman dikendarai pada kondisi genangan dan banjir meski posisi baterainya berada di bagian bawah kendaraan. Hanya saja yang patut digarisbawahi adalah banjir yang dilewati adalah banjir dangkal.

Product Planning Manager PT NETA Auto Indonesia, Jordy Angkawidjaja mengungkapkan bahwa baterai yang digunakan V-II berasal dari Gotion, di mana sel baterai tersebut dibekali dengan sistem pengamanan serta telah melalui serangkaian uji keamanan.

"Setiap komponen dalam rangkaian baterai memiliki pelindung berlapis sehingga relatif aman meskipun posisinya terlihat rendah di bawah mobil," kata Jordy dalam Media Test Drive NETA V-II di Bandung.

Pada pengujian kali ini, jurnalis berkesempatan untuk menyaksikan dan mencoba langsung unit mobil listrik NETA V-II untuk dilakukan tes ketahanan baterai dan fitur keamanan Advanced Driver Assistance Systems (ADAS).

NETA V-II berhasil melewati banjir yang disimulasikan pada kolam air sedalam 25cm, meskipun baterainya dalam kondisi terendam air.

Menurut Jordy, hal itu sejalan dengan serangkaian uji coba yang telah dilakukan untuk memastikan keamanan baterainya antara lain melalui vibration and shock test, squeez, wet-heat cycle, external flame, water immersion, temperature shock and salt spray, hingga short circuit.

Selain itu, V-II juga diklaim memiliki pemeringkatan baterai terhadap ketahanan air dengan rating IP68+ yang menjadi standar global.

Keamanan dan efisiensi tersebut berkat kinerja HEPT3.0 Efficient Powertrain Thermal Management System untuk memastikan baterai temperatur di bawah 45 derajat celcius, konsumsi energi pendingin di bawah 5 persen, dan rasio temperatur yang konstan mencapai 95 persen.

"Keamanan ekstra untuk komponen baterai agar tidak mengalami kerusakan hingga mencegah kebakaran," ujarnya.

Diketahui, NETA V-II merupakan smart SUV 5-seater dan hadir dengan dimensi 4.070mm x 1.690mm x 1.540 mm yang compact di kelasnya.

Dari segi desain eksterior, Neta V-II mengusung konsep simpel, elegan, dan berjiwa muda yang diwujudkan dengan tampilan Starlight grille, Galaxy Electroplating Trim, LED Headlight pada bagian depan, ditambah 16” Alloy Wheel yang menambah kesan sporty.

Kapasitas bagasi mobil ini cukup besar yakni 335 liter dan bisa dimaksimalkan hingga 588 liter, cocok untuk pengguna yang sering membawa barang lebih banyak saat bepergian.

Neta V-II menggunakan baterai lithium ferrophosphate atau LFP dengan daya 36,1 kWh yang memiliki jarak tempuh 401 kilometer dan telah didukung sistem pengisian cepat alias DC CCS2.

Neta V-II memiliki kemampuan pengisian baterai cepat, di mana mobil ini hanya butuh waktu 30 menit untuk mengisi daya dari 30 persen mencapai 80 persen.

NETA V-II menghadirkan 4 pilihan warna exterior yaitu warna Milk Tea, Baby Blue, White Storm, dan Midnight Grey. Sedangkan bagian interiornya memiliki tiga varian warna yaitu Optical White, Mist Blue dan Classic Black.

PT NETA Auto Indonesia menawarkan mobil listrik NETA V-II dengan banderol Rp 299 juta.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement