Ahad 14 Jul 2024 15:02 WIB

Pembantaian 90 Warga di Zona Aman Al-Mawasi Gunakan Bom Pintar Buatan AS

Bom AS bunuh puluhan wanita dan anak-anak.

Red: A.Syalaby Ichsan
Bom JDAM buatan AS
Foto: Ist
Bom JDAM buatan AS

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV --  Situs berita Israel, Maariv, melaporkan pada Sabtu (13/7/2024),  bom yang digunakan oleh pasukan Israel dalam pembantaian al-Mawasi adalah bom JDAM buatan Amerika Serikat.

Dikenal karena ketepatan dan kemampuan penargetannya yang canggih, JDAM adalah perangkat yang dipasang pada bom seri Mark 80, yang membuat  bom menjadi amunisi presisi. Dipandu oleh laser dan/atau GPS, bom tersebut menggabungkan kecerdasan buatan dan teknologi sensor canggih yang diproduksi oleh AS dan Israel, lapor Al-Mayadeen.

Baca Juga

Radio Angkatan Darat Israel melaporkan bahwa Angkatan Udara Israel menjatuhkan total 8 bom berpemandu JDAM selama pembantaian tersebut, yang mengakibatkan 390 orang Palestina terbunuh atau terluka.

Maariv mengutip Rotem Meital, direktur perusahaan teknologi militer Israel, Asgard, yang mengatakan bahwa bom-bom ini sebelumnya menjadi pusat perselisihan dengan pemerintah AS. Beberapa bulan yang lalu, bom-bom ini menjadi penyebab kontroversi serius dalam dilema pengiriman persenjataan militer AS, kata Meital.