Ahad 14 Jul 2024 10:47 WIB

Operasional Haji di Makkah Berakhir, Konsentrasi Layanan Jamaah Haji Terpusat di Madinah

Jamaah akan dipulangkan ke Tanah Air dari Madinah.

Red: Karta Raharja Ucu
Jamaah haji di Madinah.
Foto: Dok MCH 2024
Jamaah haji di Madinah.

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Lima belas kloter jamaah haji, hari ini, Sabtu (13/7/2024) diberangkatkan dari Makkah menuju Madinah. Di Kota Nabi, jamaah akan beribadah dan ziarah ke Raudhah dan sejumlah tempat lainnya.

Kloter-kloter tersebut menutup pemberangkatan jamaah haji Gelombang II menuju Kota Madinah, sekaligus menandai berakhirnya layanan penyelenggaraan ibadah haji Daerah Kerja Makkah tahun ini. Demikian disampaikan Anggota Media Center Kementerian Agama Widi Dwinanda di Jakarta.

"Dengan berakhirnya layanan haji di Makkah, maka seluruh layanan jemaah haji Indonesia akan terkonsentrasi di Madinah. Selanjutnya, mereka akan dipulangkan ke Tanah Air dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah," kata Widi dalam keterangan resmi Kemenag, Sabtu (13/7/2024).

Ia menjelaskan, setelah seluruh jemaah didorong ke Madinah, sejumlah layanan haji di Makkah juga berakhir, seperti layanan bus shalawat, layanan konsumsi, layanan kesehatan, baik di sektor maupun di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI).