Ahad 14 Jul 2024 10:55 WIB

Amerika Serikat Negara yang Paling tidak Bisa Dipercaya

AS adalah biang kerok dari banyak praktek yang tidak berperikemanusiaan.

Red: Karta Raharja Ucu
Bendera Amerika Serikat
Foto: VOA
Bendera Amerika Serikat

Oleh : Buya Anwar Abbas, Pengamat Sosial Ekonomi dan Keagamaan, Wakil Ketua Umum MUI

REPUBLIKA.CO.ID, Amerika serikat merupakan negara  paling terdepan di dunia ini yang tidak bisa dipercaya karena sikap dan tindakannya yang tidak konsisten tentang hal-hal yang terkait dengan nilai-nilai perikemanusiaan dan perikeadilan. Semestinya kalau mereka menjunjung tinggi nilai-nilai universal tersebut maka mereka harus konsisten dengan sikap dan pandangannya itu, tetapi yang kita lihat malah sebaliknya.

Mereka menilai dan mengukur sesuatu itu baik atau tidak adalah dari sisi kepentingan dirinya dan sekutu-sekutunya. Jika hal itu menguntungkan dirinya dan sekutu-sekutunya maka dia dukung tapi kalau tidak maka dia injak.

Sebagai contoh dia memasukkan Brunei Darussalam ke dalam daftar hitam "tingkat 3" negara-negara yang tidak berbuat cukup dalam melawan perdagangan manusia. Jika seandainya Brunei Darussalam memang melakukan hal demikian maka kita setuju AS bersikap demikian.

Pertanyaannya apakah Amerika serikat konsisten dengan sikap dan pandangannya tersebut? Inilah yang menjadi pertanyaan besar. Kita setuju untuk mencela dan mengutuk praktik perdagangan manusia karena hal demikian sudah jelas merendahkan harkat dan martabat manusia.

Tapi bagaimana halnya jika ada satu negara di dunia ini yang tidak melakukan perdagangan manusia tapi melakukan ethnic cleansing dan genosida? Apakah Amerika Serikat akan mengutuknya?

Tentu pasti dia akan mengutuk dan mem-black list negara tersebut . Tetapi bagaimana data dan faktanya? Seluruh negara di dunia sudah tahu bahwa Israel sejak Oktober 2023 sampai dengan sekarang sudah membunuh lebih dari 36.171 rakyat palestina di Jalur Gaza dan 519 korban jiwa lainnya di Tepi Barat.

Dari peristiwa itu jumlah anak yang menjadi korban tewas akibat kebiadaban Israel tersebut sudah mencapai lebih dari 15.162 orang, dari kalangan perempuan sudah mencapai 10.018 orang dan yang dinyatakan hilang sekitar 7.000 orang.

Pertanyaannya kurang biadab apa tindakan Israel ini. Tetapi faktanya kita lihat jangankan Amerika Serikat akan mengutuk dan mem-black list negara Israel tersebut malah AS membela dan membantu tindakan dari negara zionis itu mati-matian.

Jadi dari sini kita bisa menyimpulkan AS merupakan negara maju yang tidak menjunjung tinggi nilai-nilai perikemanusiaan dan perikeadilan dalam arti yang sesungguhnya. Bahkan bisa dikatakan AS adalah biang kerok dari banyak praktek yang tidak berperikemanusiaan dan berperikeadilan yang terjadi di berbagai belahan dunia ini.

Lalu apakah kita akan masih percaya kepada negara yang bersikap dan berbuat seperti itu? Hanya orang yang buta mata dan buta hatinyalah yang masih bisa mempercayainya.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement