Senin 15 Jul 2024 06:10 WIB

Nico Williams Menginspirasi Spanyol Berjaya di Euro 2024

Nico Williams menjadi man of the match final Euro 2024 lewat gol dan aksinya.

Red: Israr Itah
Pemain SPanyol Nico Willimas menunjukkan medali juara Euro 2024. Spanyol juara setelah mengalahkan INggris 2-1 di final.
Foto: AP Photo/Manu Fernandez
Pemain SPanyol Nico Willimas menunjukkan medali juara Euro 2024. Spanyol juara setelah mengalahkan INggris 2-1 di final.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Pemain sayap Spanyol Nico Williams bekerja lebih keras dari biasanya, termasuk mencetak gol pembuka, untuk membantu timnya meraih gelar juara Euro 2024 dengan kemenangan 2-1 atas Inggris di Berlin. Ia meraih penghargaan pemain terbaik pertandingan alias man of the match dengan aksi-aksinya di Olympiastadion, Senin (15/7/2024) dini hari WIB.

Pemain Athletic Bilbao berusia 22 tahun tersebut, yang menjadi incaran utama klub-klub papan atas Eropa, telah menjadi salah satu pemain paling menonjol dalam tujuh pertandingan kemenangan Spanyol di turnamen tersebut. Ia mencetak gol pembuka pada menit ke-47 dari umpan Lamine Yamal setelah meneror para bek Inggris di kedua sayap.

Baca Juga

"Saya tidak akan pernah melupakan ini sepanjang karier saya. Setiap pesepak bola memimpikan ini," kata Williams kepada wartawan, dikutip Reuters.

"Pada akhirnya, ini merupakan hal yang membanggakan bagi saya. Saya selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk membantu tim saya. Memang benar bahwa orang-orang mulai mengenal dan menghormati saya dan saya sangat menghargai rasa hormat itu."

Yamal telah menjadi pusat perhatian sebelumnya karena mencetak gol spektakuler pada laga semifinal, tetapi kali ini ia hanya memiliki sedikit kesempatan untuk bersinar. Yamal tidak menemukan ruang untuk memulai larinya karena ketatnya penjagaan pemain Inggris.

Williams mendukung rekannya itu dengan terus berlari di sayap. Williams bahkan membantu Yamal di sayap kanan untuk waktu yang lama saat La Roja berjuang untuk melewati garis pertahanan Inggris yang disiplin. Williams berulang kali melewati Kyle Walker dari Inggris di sayap kiri tetapi umpannya ke kotak penalti gagal menemukan rekan setimnya.

Namun, dua menit setelah babak kedua dimulai, ia kemudian memecah kebuntuan. Menerima sodoran bola dari Yamal, Williams melepaskan tembakan rendah yang luar biasa melewati kiper Inggris Jordan Pickford.

"Ini merupakan tahun yang luar biasa bagi saya," kata Williams, yang lahir di Spanyol dari orang tua Ghana dan saudara laki-lakinya Inaki bermain untuk tim nasional Ghana. "Orang tua saya telah banyak menderita untuk bisa sampai di sini. Mereka telah menanamkan rasa hormat dan kesetiaan dalam diri saya."

Williams terus berjuang setelah Inggris menyamakan kedudukan melalui pemain pengganti Cole Palmer pada menit ke-73, mendorong Spanyol maju untuk mengamankan mahkota Eropa keempat mereka berkat gol kemenangan pemain pengganti Mikel Oyarzabal di akhir pertandingan.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement