Senin 15 Jul 2024 06:13 WIB

Pembantaian Terus Berlangsung, Hamas Disebut Tarik Diri dari Perundingan Gencatan Senjata

Genosida Israel di Gaza telah menelan lebih dari 38 ribu korban jiwa.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: A.Syalaby Ichsan
Kepala Biro Politik Hamas Ismail Haniyeh.
Foto:

Terdapat tiga fase dalam proposal gencatan senjata yang disusun AS. Fase pertama mencakup gencatan senjata segera, penuh, dan menyeluruh. Hal itu diikuti dengan pembebasan sandera, termasuk perempuan, lansia, dan yang terluka oleh kelompok perlawanan Palestina di Gaza.

Pasukan Israel juga diserukan untuk menarik diri dari daerah berpenduduk di Gaza. Dengan demikian warga Palestina dapat pulang ke rumah dan lingkungan mereka, termasuk di wilayah utara. Proses pengiriman bantuan kemanusiaan juga dilakukan dalam fase pertama.

Sementara itu fase kedua akan mengakhiri permusuhan secara permanen. Imbalannya, kelompok perlawanan Palestina di Gaza harus membebaskan seluruh warga Israel yang masih disandera. Pada fase ini, pasukan Israel juga harus angkat kaki sepenuhnya dari Gaza.

Kemudian fase terakhir adalah dilakukannya rekonstruksi besar-besaran di Gaza. Konflik yang dimulai sejak Oktober tahun lalu diketahui telah menyebabkan berbagai infrastruktur di Gaza porak poranda. Meski resolusi gencatan senjata sudah diadopsi, saat ini Israel masih terus menggempur Gaza.