Senin 15 Jul 2024 16:04 WIB

Ini Sosok Herzog yang Ditemui Pemuda Nahdliyin, Sang Kakek Kepala Rabi Pertama Israel

Herzog mendukung serangan ke Gaza dan geram dengan Sinwar.

Red: Teguh Firmansyah
Presiden Israel Isaac Herzog.
Foto: AP Photo/Saul Loeb
Presiden Israel Isaac Herzog.

REPUBLIKA.CO.ID, Para intelektual muda Nahdlatul Ulama (NU)  di antaranya, Gus Syukron, Zainul Maarif, Munawir Aziz, Nurul Bahrul Ulum, dan Izza Annafisah Dania bertemu dengan Presiden Israel, Isaac Herzog.

Dalam sebuah postingan pada akun Instagram bernama  @zenmaarif yang diduga milik Zainul Maarif, ia menuliskan penjelasannya berkunjung ke Israel menemui presiden Israel. "Berbincang langsung dengan Presiden Israel," tulis akun IG Zenmaarif.

Baca Juga

"Saya bukan demonstran melainkan filsuf-agamawan. Alih-alih demonstrasi di jalanan dan melakukan pemboikotan, saya lebih suka berdiskusi dan mengungkapkan gagasan."

"Terkait konflik antara Hamas-Israel dan relasi Indonesia-Israel, saya bersama rombongan berdialog langsung dengan Presiden Israel, Isaac Herzog (yang duduk dengan dasi biru) di istana sang presiden. Semoga hasil terbaik yang dianugerahkan untuk kita semua."

Lantas siapa Isaac Herzog?

Pesiden Isaac Herzog adalah pejabat publik yang telah cukup lama bekerja dalam perpolitikan Israel selama lebih dari dua puluh tahun. Ia lahir pada 1960 dari pasangan Aura dan Chaim Herzog.

Ia menjabat sebagai tentara di Korps Intelijen IDF. Setelah menyelesaikan gelar sarjana hukumnya, ia bekerja sebagai pengacara, dengan spesialisasi hukum komunikasi.

Ia menjabat sebagai sekretaris pemerintah, anggota Knesset, menteri konstruksi dan perumahan, menteri pariwisata, menteri kesejahteraan dan pelayanan sosial, dan menteri urusan diaspora.

Dia kemudian terpilih sebagai ketua Partai Buruh Israel dan menjabat sebagai pemimpin Oposisi di Knesset. Selama tiga tahun, Herzog menjabat sebagai ketua Eksekutif Badan Yahudi untuk Israel.

Pada Juli 2021, ia terpilih sebagai presiden dengan suara mayoritas yang belum pernah terjadi sebelumnya di Knesset, dan ia mulai menjabat sebagai Presiden Israel Kesebelas.

Isaac Herzog lahir lahir di Tel Aviv, tempat ia dibesarkan dan dididik. Sebagai seorang anak, ia menerima julukan “Bougie,” yang dikenalnya sejak saat itu.

Herzog memiliki akar yang kuat dan signifikan dalam sejarah diplomatik, sosial, dan agama Israel serta Masyarakat Yahudi. Bahkan dimulai bertahun-tahun sebelum Israel berdiri.

Isaac Herzog dinamai menurut nama kakeknya, Rabi Dr. Yitzhak Isaac Halevi Herzog, yang merupakan Kepala Rabi Tanah Israel dan kemudian menjadi Kepala Rabi pertama Israel. Sebelumnya, ia menjabat sebagai Kepala Rabi Irlandia.

Dalam perang Gaza, Herzog memang tidak sevocal Perdana Menteri Benjamin Netanyahu. Ini mengingat status Herzog yakni sebagai kepala negara, sementara Netanyahu kepala pemerintahan.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement