Selasa 16 Jul 2024 19:53 WIB

Banyak Pengurus LBM di Rahim, PWNU DKI Panggil Kamis Lusa

PBNU mendapatkan informasi ada logo LBM di situs Rahim.

Rep: Muhyiddin/ Red: A.Syalaby Ichsan
Ketua PWNU DKI, Dr Samsul Maarif.
Foto: Istimewa
Ketua PWNU DKI, Dr Samsul Maarif.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua PWNU DKI Jakarta KH Samsul Maarif  mengaku baru mengetahui bahwa ada situs rahim.or.id. Laman tersebut memang belum banyak pemberitaan. Ada juga struktur kepengurusan yang diketuai oleh Ketua LBM DKI Jakarta, KH Mukti Ali Qusyairi. 

"Saya sempat menanyakan kepada Ketua LBM DKI Pak Mukti Ali. Itu hanya jawab sebatas forum dialog antar iman. Tapi saya baca strukturnya melibatkan beberapa orang yang indikasikan punya jaringan ke Israel," kata Kiai Samsul di Jakarta, Selasa (16/7/2024).

Baca Juga

Kiai Samsul menegaskan bahwa tidak ada kerjasama antara LBM PWNU DKI Jakarta dengan Pusat Studi Warisan Ibrahim untuk Perdamaian. Dia pun baru mengetahui bahwa ternyata di situs tersebut terdapat beberapa orang pengurus LBM PWNU DKI Jakarta. "Soal Rahim saya tak tahu. Baru kali ini tiba-tiba banyak orang kirim web Rahim itu ternyata banyak pengurus LBM DKI," ujar dia. 

Kiai Samsul akan memanggil para pengurus LBM PWNU DKI yang terlibat di dalam situs kerjasama muslim dan Yahudi tersebut pada Kamis (18/7/2024) lusa."Rencananya Kamis besok saya panggil. Saya sudah kirim surat. Besok saya panggil mereka. Sejauh mana hubungan mereka. Apakah ada kesengajaan memasukkan logo LBM di Rahim apa tidak? Itu kita pelajari dulu," kata dia.

photo
Ketua Umum PBNU, Yahya Cholil Staquf atau Gus Yaqut menggelar konferensi pers di Kantor PBNU, Jakarta Pusat, Selasa (16/7/2024) terkait kunjungan lima aktivis NU ke Israel. - (Republika/Muhyiddin)

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya mendapatkan informasi bahwa ada logo Lembaga Bahtsul Masail (LBM) NU dicantumkan di situs rahim.or.id yang dibuat oleh Pusat Studi Warisan Ibrahim untuk Perdamaian.

Dalam situs ini, dijelaskan bahwa lembaga tersebut merupakan sebuah koalisi antar-agama yang mendedikasikan waktu studi, penelitian ilmiah dan pendidikan bangsa demi terciptanya kerukunan beragama terutama antara Muslim dan Yahudi.

Gus Yahya pun sudah melakukan klarifikasi kepada Ketua LBM NU, KH Mahbub Maafi. Setelah ditelusuri, ternyata logo NU tersebut dipasang oleh salah satu Pengurus LBM PWNU DKI Jakarta. Karena itu, Gus Yahya meminta kepada Ketua PWNU DKI Jakarta, KH Samsul Ma'arif untuk melakukan klarifikasi. 

"Saya sudah minta kepada Ketua Tanfifiyah DKI saudara Samsul Maarif untuk melakukan klarifikasi ini maksudnya apa gitu, dan kami minta kepada lembaga atau organisasi yang bersangkutan untuk men-takedown ini karena kita tidak menginginkan ada klaim yang tidak diketahui oleh PBNU," jelas Gus Yahya. 

Pantauan Republika pada Senin (15/7/2024), Rahim diketahui dipimpin oleh KH Mukti Ali Al-Qusyairi. Berdasarkan laman tersebut,  Zainul Maarif, salah satu cendikiawan NU yang menemui Presiden Israel Isaac Herzog menjadi manager penelitian domestik. Laman tersebut juga mencantumkan logo Lembaga Bahtsul Masail (LBM) PBNU sebagai mitra kerjasama. Meski demikian, website tersebut diketahui tidak aktif. Saat Republika mengakses pada Selasa (16/7/2024), hanya tertera tulisan Coming Soon, A New Wordpress Site pada website tersebut.

Klarifikasi Rahim.. 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement